Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cara Membersihkan Kaca Pintu Oven Tanpa Melepasnya

Kaca pintu oven yang kotor tentu dapat mengurangi tampilannya dan kesulitan mengetahui apakah makanan yang tengah dipanggang sudah matang atau belum. 

Karena itu, perlu membersihkan kaca pintu oven secara rutin demi menjaga tampilannya tetap bersih. 

Pemilik Molly Maid, Katie Burkey, mengatakan frekuensi membersihkan kaca pintu oven bergantung pada seberapa sering menggunakannya dan jenis makanan yang dimasak.

Namun, untuk kaca pada bagian dalam pintu oven, sebaiknya dibersihkan setiap tiga hingga enam bulan atau setiap kali kamu selesai membersihkan oven secara menyeluruh. 

Sementara kaca bagian depan pintu oven perlu dibersihkan setiap pekan atau setiap kali terjadi tumpahan atau cipratan. Untuk area di antara lapisan ganda kaca pintu oven, bersihkan sekitar setahun sekali.

Dikutip dari Real Simple, Selasa (20/9/2022), berikut cara membersihkan kaca pintu oven dengan mudah.

  • Penyedot debu dengan bagian penyedot untuk membersihkan celah.
  • Kain lap.
  • Karet gelang (opsional).
  • Baking soda.
  • Cuka putih suling.
  • Spons atau penggosok non-abrasif.
  • Pembersih kaca.
  • Sabun cuci piring penghancur lemak.

Matikan oven

Sebelum memulai pembersihan, langkah pertama yang wajib dilakukan adalah mematikan oven. Diamkan oven selama beberapa waktu untuk mendinginkannya sehingga tangan aman saat menyentuhnya. 

Sembari menunggu oven dingin, buatlah pasta pembersih dari baking soda dan air. Untuk takarannya, sesuaikan dengan ukuran kaca pintu oven, tapi pastikan teksturnya cukup kental.

Saat oven sudah mendingin, oleskan pasta baking soda di seluruh permukaan kaca pada bagian dalam pintu oven menggunakan spons, kain lap, bahkan tangan yang telah dilapisi sarung tangan.

Diamkan pasta selama 15-20 menit. Apabila kaca pintu oven sangat kotor, diamkan kembali selama beberapa saat, bahkan semalaman. 

Ketika didiamkan, kamu akan melihat pasta baking soda menghitam karena telah menyerap kotoran, noda, dan lemak yang menempel pada kaca.

Selanjutnya, cara membersihkan kaca pintu oven adalah menyeka baking soda dengan kain lap lembap yang hangat. Lakukan hingga tidak ada pasta yang menyisa.

Jika pintu oven tampak berkabut atau menunjukkan goresan, oleskan setetes sabun cuci piring ke kain lap dan seka kembali permukaan kaca.

Kemudian, bilas menggunakan kain lap lembap yang bersih hingga kaca menjadi kering. Apabila masih tampak kotor, coba semprotkan satu bagian cuka putih yang telah dicampur satu bagian air. Seka kembali kaca pintu oven.

Membersihkan kaca pada bagian luar pintu oven

Untuk kaca pada bagian luar pintu oven, cara membersihkannya cukup dengan meneteskan sabun cuci piring ke atas kain lap lembap.

Setelah itu, gosokkan kain lap ke permukaan kaca hingga benar-benar bersih, lalu bilas dengan air bersih, dan keringkan dengan lap kering.

https://www.kompas.com/homey/read/2022/09/20/143300476/cara-membersihkan-kaca-pintu-oven-tanpa-melepasnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke