Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

4 Benda yang Bisa Membuat Ruang Kecil Semakin Sempit

Selain itu, menggantung cermin dan menambah pencahayaan untuk menciptakan ilusi ilusi ruang. Namun, meski trik ini penting, rupanya ada barang-barang di ruagan yang dapat membuat ruangan semakin kecil. 

Sejumlah barang ini tidak selalu berukuran besar. Ada juga furnitur kecil yang membuat ruang kecil tampak sempit. Ruang kecil juga ini tak hanya ruangan, tapi juga ruang penyimpanan di rumah seperti lemari pakaian, rak, dan meja. 

Dilansir dari The Express Newspaper, Jumat (5/8/2022), Sarah Schier dari Beautiful Life Creative Organizing, perusahaan rumah mewah yang berbasis di Los Angeles, Amerika Serikat, membagikan beberapa benda yang perlu disingkirkan dari ruang kecil karena bisa membuat ruangan semakin sempit.  

"Cara cepat menciptakan lebih banyak ruang di lemari adalah melepas gantungan kayu tebal dan menggantinya dengan gantungan tipis beludru tipis," ucap Sarah.  

Perabotan lebih besar tanpa show-leg

Show-leg adalah kaki furnitur yang dapat dilihat sebagai bagian dari desain, bukan kaki yang tersembunyi di bawah pelapis atau bagian yang duduk langsung di lantai. 

Para pakar memperingatkan, saat mendesain ruang kecil, hindari potongan furnitur besar dan berat serta menghabiskan semua ruang lantai yang berharga.

Sebagai gantinya, ketika memilih furnitur, Sarah merekomendasikan berinvestasi pada bagian di mana Anda dapat melihat kaki dan di bawahnya. Ini akan memberi ruang rasa lapang yang memungkinkan lebih banyak cahaya masuk.

Sarah menambahkan, daripada memilih sofa atau kursi empuk besar yang terletak langsung di lantai, pilihlah sesuatu yang memiliki kaki.

Ini tidak hanya berlaku untuk furnitur di ruang keluarga, tapi juga di ruangan lain seperti kamar tidur dan kamar mandi agar terasa lebih besar. 

Dengan mengosongkan bahan-bahan, seperti tepung, gula, pasta, dan sereal, ke dalam tabung kedap udara, Anda dapat mengaturnya jauh lebih efisien di rak dapur daripada menumpuknya satu sama lain. 

Sarah menyarankan menggunakan wadah transparan untuk menyimpan makanan ringan  sehingga memudahkan menemukannya.  

Peralatan kecil di meja dapur

Dapur kecil sering kali terasa sulit dinavigasi. Elle Penner dari Modern Minimalis menyarankan pemilik rumah dapat mengubah ruang mereka dengan satu perubahan cepat.

Ia mengatakan peralatan dapur kecil adalah sumber kekacauan meja yang besar sehingga membuat dapur kecil terlihat dan terasa lebih kecil. 

Mulailah dengan menyingkirkan peralatan duplikat atau rusak, kemudian singkirkan semua yang tidak digunakan setiap hari.

Elle merekomendasikan memulai dengan mixer berdiri, blender, dan pengolah makanan serta menyarankan meletakkan semuanya di lemari. 

https://www.kompas.com/homey/read/2022/08/05/143727176/4-benda-yang-bisa-membuat-ruang-kecil-semakin-sempit

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke