Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Berapa Lama Cat Dinding Baru Mengering? Ini yang Harus Diperhatikan

JAKARTA, KOMPAS.com - Jika Anda merencanakan untuk mendekorasi ulang ruangan, mengecat dinding adalah salah satu hal yang dapat dilakukan. Sebelum mengecat dinding, faktor penting yang perlu diperhatikan adalah waktu kering cat.

Dikutip dari Better Homes & Gardens, Senin (11/7/2022), mengetahui berapa lama waktu yang dibutuhkan cat untuk mengering sangat penting untuk hasil akhir yang sempurna, yakni tekstur yang halus dan rata tanpa noda atau tetesan.

Jika ragu, memberikan sedikit waktu ekstra pada cat dinding untuk mengering selalu merupakan ide yang baik.

Cat dinding mungkin tampak kering di permukaan dan lapisan atas bahkan mungkin kering saat disentuh, tetapi itu tidak berarti dinding benar-benar kering atau siap untuk lapisan lain.

Ada banyak hal yang mempengaruhi berapa lama cat mengering, termasuk jenis cat dan alat yang digunakan, serta faktor eksternal seperti cuaca.

Berikut adalah beberapa hal yang perlu dipertimbangkan sebelum memulai sehingga Anda dapat mengecat dinding seperti seorang profesional.

Waktu kering untuk setiap jenis cat

Rumus kimia untuk setiap jenis cat berbeda-beda, sehingga masing-masing memiliki waktu kering yang sedikit berbeda. Secara umum, cat lateks dan cat akrilik lebih cepat kering daripada cat berbasis minyak.

Cat lateks akan terasa kering saat disentuh setelah satu jam. Akan tetapi, disarankan untuk menunggu selama empat jam sebelum menerapkan lapisan cat lainnya.

Sementara itu, cat akrilik lebih cepat kering. Cat akan kering saat disentuh setelah 30 menit dan siap untuk lapisan kedua setelah dua jam.

Cat berbasis minyak memiliki waktu kering yang lebih lama. Umumnya membutuhkan waktu hingga delapan jam untuk menjadi kering saat disentuh dan 24 jam penuh sebelum lapisan kedua dapat diterapkan.

Jika Anda menggunakan primer, biarkan hingga empat jam hingga mengering sebelum mengoleskan cat. Untuk waktu kering yang paling akurat, ikuti instruksi dari produsen cat.

Faktor-faktor yang memengaruhi waktu kering cat

Ada banyak faktor selain jenis cat yang mempengaruhi waktu kering. Kondisi cuaca, ruangan yang dicat, dan peralatan yang Anda gunakan dapat memengaruhi waktu kering. Pertimbangkan hal berikut sebelum Anda mulai mengecat dinding.

1. Suhu dan kelembapan

Suhu dan kelembapan yang tinggi menyebabkan cat mengering lebih lambat.

Itulah sebabnya Anda disarankan untuk menggunakan cat berbahan dasar minyak saat suhu antara 4 dan 32 derajat celcius, serta cat lateks saat suhu antara 10-29 derajat celcius. Ini direkomendasikan untuk cat baik indoor maupun outdoor.

Mengontrol suhu dalam ruangan tentu saja lebih mudah. Jika tingkat kelembapan di atas 50 persen, waktu kering akan lebih lama tetapi dapat dikurangi sedikit dengan penggunaan dehumidifier dan AC.

2. Ventilasi ruangan

Memastikan ruangan yang dicat berventilasi baik penting tidak hanya untuk waktu kering tetapi juga untuk kesehatan Anda.

Kenakan masker saat mengecat, serta buka pintu dan jendela untuk memungkinkan udara segar masuk ke dalam ruangan.

3. Alat cat yang tepat

Cara terbaik untuk memastikan setiap lapisan cat mengering secara merata adalah dengan menggunakan alat yang tepat dan menerapkan lapisan cat yang tipis dan merata pada setiap lapisan.


Menggunakan roller cat akan membantu mendistribusikan cat secara merata dan menerapkan lapisan yang lebih tipis daripada kuas, yang sering kali menampung lebih banyak cat daripada yang dibutuhkan, yang menyebabkan tetesan yang tidak diinginkan.

Beberapa area, seperti sudut atau trim, memerlukan penggunaan kuas. Namun demikian, untuk permukaan yang besar dan rata, roller akan mencapai hasil terbaik.

https://www.kompas.com/homey/read/2022/07/11/071100876/berapa-lama-cat-dinding-baru-mengering-ini-yang-harus-diperhatikan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke