Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

5 Pemeriksaan Keamanan yang Harus Dilakukan Sebelum Membeli Rumah Baru

Namun, lantaran rasa bahagian yang besar itu membuat beberapa orang mengabaikan kebutuhan akan pemeriksaan keselamatan yang penting dilakukan. 

Padahal, tanpa uji tuntas, rumah baru yang tampak sempurna bisa menjadi lubang uang yang membawa malapetaka dan membutuhkan biaya besar untuk memperbaikinya jika tidak segera mengatasinya. 

Meski ada banyak pemeriksaan yang perlu dipertimbangkan, berikut empat pemeriksaan keamanan yang penting dilakukan sebelum membeli rumah baru, yang sering direkomendasikan agen penjual dikutip dari My Decorative, Jumat (8/7/2022). 

Dinding atau jendela yang bocor dapat menyebabkan banjir saat cuaca hujan atau memungkinkan hama masuk ke rumah dan membuat sarang.

Jangan lupa memeriksa ruang bawah tanah, sebagai bagian dari pondasi, untuk mengantisipasi jamur dan rayap. 

Atap 

Seorang inspektur dapat menemukan kebocoran atau kerusakan pada sirap atap atau di sekitar cerobong asap.

Namun, beberapa kebocoran kecil mungkin terjadi di bawah area yang terlihat. Ini mungkin terlihat di dalam rumah ketika inspektur berjalan melewati setiap ruangan, terutama yang berada tepat di bawah atap dan loteng.

Atap atau cerobong asap yang tidak dalam kondisi prima dapat mengakibatkan biaya perbaikan yang besar.  

Jika tungku lebih tua, itu harus diperiksa untuk kebocoran gas atau masalah karbon monoksida. Begitu pun AC yang sudah tua tidak bekerja seefisien dulu dan menyebabkan tagihan listrik meningkat tajam selama bulan-bulan cuaca panas.

Saluran udara yang tersumbat dapat menampung bakteri, virus, debu, hama, dan bulu hewan peliharaan, yang semuanya merupakan alergen potensial bagi mereka yang rentan.

Sudahkah sistem ini diperiksa untuk memastikannya beroperasi dengan benar dan tidak  menghasilkan tagihan listrik yang tinggi? 

Namun, jika pintu garasi menggunakan sistem elektronik, penting untuk memeriksannya untuk memastikan tegangan yang tepat dan tidak ada kabel yang terbuka sehingga memastikannya beroperasi dengan aman.

Jika tidak berfungsi dengan benar, sudah waktunya mengganti pintu garasi yang baru. 

Pipa saluran air

Sistem pipa rumah mungkin memiliki kebocoran atau tetesan yang membuat jamur tumbuh di balik dinding atau di bawah lantai.

Kebocoran juga dapat meningkatkan tagihan air. Sudahkah memeriksa pipa ledeng untuk memastikan saluran air berfungsi dengan baik?

Meski membeli rumah itu menyenangkan, hal itu juga membutuhkan kehati-hatian untuk menemukan masalah apa pun yang harus ditangani penjual atau Anda pribadi setelah pembelian.

Ingatlah tidak mengabaikan langkah penting ini sebelum membeli rumah baru. 

https://www.kompas.com/homey/read/2022/07/08/125300776/5-pemeriksaan-keamanan-yang-harus-dilakukan-sebelum-membeli-rumah-baru

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke