Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

6 Tips Mendekorasi Rumah Kontrakan tanpa Perubahan Permanen

Walhasil, beberapa orang memutuskan mengontrak rumah, entah itu mengontrak satu rumah maupun rumah petakan.

Terlepas dari jenis bangunan yang dipilih, setiap orang tentunya ingin membuat rumahnya terasa nyaman dan mampu memberi kesan positif kepada para tamu yang berkunjung.

Akan tetapi, tidak semua pemilik rumah kontrakan mengizinkan penyewa melakukan perubahan permanen, mengecat, atau mendekorasi ruangan. 

Dikutip dari House Beautiful, Selasa (5/7/2022), ada beberapa tips mendekorasi rumah kontrakan tanpa melakukan perubahan permanen atau aturan pemilik hunian sehingga tetap terasa nyaman.  

Tanaman hias dalam ruangan dapat membuat kontrakan terasa lebih hidup serta meningkatkan kesejahteraan. 

“Cobalah menaruh pohon beringin atau karet merah (rubber tree). Ini dapat meningkatkan tampilan sudut yang kosong atau ditempatkan di belakang sofa,” kata Kepala Pembelian di Heal’s, Sabina Miller.

Jika ingin tanaman yang berbunga, pilih tanaman hoya. Tanaman hias ini bisa tumbuh subur meski lupa menyiramnya.

Bisa juga menghadirkan kebun tanaman herbal di rumah kontrakan seperti tanaman selasih atau rosemari. 

Taruh karpet

Karpet dapat mengubah tampilan sebuah ruangan sembari menjaga lantai tetap utuh tanpa perubahan apa pun. Pilih karpet yang memiliki pola dan warna favorit untuk menonjolkan beberapa kepribadian Anda. 

Namun, perhatikan pula ukuran ruangan dan tata letak furnitur di dalam rumah. Hal ini dapat menentukan ukuran karpet yang akan dibeli.

Kontrakan yang kekurangan cahaya alami bisa diakali dengan menghadirkan sejumlah pencahayaan. Hadirkan lampu dengan rangka yang unik agar mereka bisa menjadi benda dekoratif yang fungsional.

Jangan lupa untuk memerhatikan fungsi pencahayaan yang akan dihadirkan, serta ruangan yang dituju. Untuk lampu meja di kamar tidur, mereka menciptakan pencahayaan fokus untuk memudahkanmu membaca.

New Product Development Co-Ordinator di Iconic Lights, Natalie Mann, mengatakan bahwa lampu meja dan lampu lantai di ruang keluarga berfungsi untuk menciptakan cahaya ambient pada malam hari. 

Gunakan furnitur serbaguna

Saat ini, banyak produsen furnitur yang menyediakan beragam pilihan furnitur serbaguna. Desainnya pun dibuat semenarik mungkin guna menarik perhatian calon pembeli.

Jika rumah kontrakan memiliki ruang sempit, manfaatkan furnitur serbaguna. Untuk menghadirkan meja makan, misalnya, pilih set kursi yang bisa dimasukkan ke area di bawah meja.

Begitu pun, saat sedang tidak digunakan, kursi bisa dimasukkan ke tempat penyimpanan di bawah meja dan set meja ini bisa dipindahkan ke tempat lain. 

Apabila memiliki sebuah sudut kosong, ciptakan lapisan daya tarik visual seperti menghadirkan warna, tekstil, pola, pencahayaan, gambar, tanaman, dan buku untuk membuatnya lebih hangat.

Menurut Miller, lapisan daya tarik visual ini dapat membuat rumah kontrakan terasa nyaman ditinggali. Cara sederhana melakukannya adalah menambahkan furnitur lembut seperti bantal, gorden, karpet, dan selimut pada salah satu sudut. 

“Jika tidak yakin dengan apa yang harus dipilih, temukan satu kain dominan yang menarik perhatianmu seperti gorden atau karpet. Lalu, mulailah melapisinya dengan menambah kain yang lebih kecil seperti bantal,” ujarnya.

Gantung dekorasi dinding

Jika pemilik kontrakan mengizinkan memaku atau menempel sesuatu pada dinding, manfaatkan untuk mendekorasinya dengan menggantung foto, karya seni favorit, atau dekorasi yang unik. 

https://www.kompas.com/homey/read/2022/07/05/171500176/6-tips-mendekorasi-rumah-kontrakan-tanpa-perubahan-permanen

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke