Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

6 Penyebab Mesin Pengering Mengeluarkan Suara Keras dan Berisik

Kondisi ini menandakan bahwa mesin pengering dalam masalah. Sebagian besar suara mesin pengering yang keras dapat dikurangi dengan beberapa penyesuaian atau perbaikan sendiri. 

Masalah ini dapat diatasi dengan menyewa jasa perbaikan mesin pengering, tetapi pertama-tama sebaiknya mempelajari penyebab paling umum dari kebisingan mesin pengering. 

Dikutip dari My Decorative, Senin (20/6/2022), berikut sejumlah penyebab mesin pengering mengeluarkan suara keras dan berisik. 

Untungnya, suara ini bukan tanda masalah, melainkan suara khas yang menunjukkan bahwa katup gas telah dihidupkan. Suara klik ini sering kali dapat terjadi selama proses pengeringan. 

Suara menggores

Jika mesin pengering mengeluarkan suara gesekan saat beroperasi, kemungkinan ada sesuatu yang tersangkut pada lapisan drum.

Begitu juga, saat drum berguling atau berputar, koin, klip kertas, dan benda kecil lainnya yang lepas dapat tersangkut pada jahitan di bagian depan atau belakang drum.

Jeda siklus pengeringan dan periksa jahitan untuk mencari hal-hal yang terperangkap serta singkirkan apa pun yang tersangkut.

Selalu periksa kantong pakaian dan singkirkan barang-barang yang longgar sebelum memasukkan kembali ke mesin cuci atau pengering untuk menghindari suara tersebut. 

Benda yang dekat dengan pengering seperti mesin cuci dapat menimbulkan suara benturan atau gemeretak saat mesin sedang bekerja. Berikut cara menghilangkan suara gemeretak atau ketukan. 

Suara berdebar

Mesin pengering yang mengeluarkan suara berdebar dapat disebabkan benda-benda besar yang berkumpul bersama saat dikeringkan.

Begitu pula, mengeringkan sepatu kets menggunakan mesin pengering dapat membuat suara dentuman keras.

Saat mengeringkan barang-barang besar, lepaskan ikatan kain apa pun dengan meletakkannya secara longgar pada pengering atau jeda siklus. 

Selain itu, mesin pengering yang dihidupkan kembali setelah lama tidak aktif dapat menghasilkan suara berdebar.

Hal ini karena rol drum menjadi rata saat mesin pengering tidak digunakan sehingga menyebabkan drum bergetar ketika mulai berputar. Rol harus kembali ke bentuk aslinya saat pengering terus beroperasi dan kebisingan akan berhenti. 

Periksa apakah keempat kaki mesin pengering ditempatkan dengan tepat di lantai. Kaki yang hilang atau rusak harus segera diganti untuk memastikan mesin pengering duduk dengan rata. 

Suara melengking

Suara melengking yang keluar dari mesin pengering biasanya menandakan kegagalan komponen. Berikut beberapa bagian dari mesin pengering yang menyebabkan mengeluarkan suara melengking. 

1. Sabuk penggerak adalah sabuk karet tipis yang membungkus drum pengering dan dihubungkan ke dua puli oleh dua puli, memungkinkannya berputar menggunakan tenaga motor. Saat drum berputar, sabuk mungkin robek sehingga menyebabkan suara melengking.

2. Katrol pemalas mempertahankan ketegangan pada sabuk penggerak saat drum berputar. Katrol mungkin mengalami keausan setelah beberapa siklus berputar dengan kecepatan tinggi sehingga menghasilkan suara jeritan saat drum berputar.

3. Bagian depan drum pengering ditopang oleh bagian plastik. Saat plastik aus, drum akan memekik saat berputar lurus pada bingkai logamnya.

https://www.kompas.com/homey/read/2022/06/20/174000576/6-penyebab-mesin-pengering-mengeluarkan-suara-keras-dan-berisik

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke