Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Punya Sisa Cat yang Tak Lagi Terpakai? Manfaatkan untuk 6 Hal Ini

Namun, daripada dibuang begitu saja, sisa cat yang tak lagi dibutuhkan bisa dipakai untuk berbagai hal yang lebih bermanfaat.

Jadi, apabila memiliki sisa cat yang tidak lagi terpakai atau dibutuhkan, kamu bisa memanfaatkannya untuk beragam hal di bawah ini.

Dilansir dari beberapa sumber, Sabtu (18/6/2022), berikut ini adalah enam hal yang bisa kamu manfaatkan dari sisa cat.

Apabila hanya sedikit yang tersisa, pindahkan sisa cat ke dalam wadah atau botol maupun kaleng yang lebih kecil.

Tutup rapat dan simpan wadah yang berisi sisa cat di tempat yang kering dan jauhkan dari sinar matahari dan sumber panas.

Namun, apabila sisa cat masih banyak, bersihkan sisa cat yang sudah kering atau lembap pada bagian atas, kemudian tutup dengan plastik wrap untuk mencegah udara masuk.

Tutup kembali kaleng cat dengan tutup bawaannya sehingga benar-benar tertutup rapat.

Kalau perlu balik kaleng cat agar cat di dalamnya dapat membasahi tutupnya. Dengan begitu, cat akan membentuk lapisan yang bisa menyegel cat secara alami sehingga cat di dalam kaleng akan tetap segar.

Dipakai untuk melukis

Kamu dapat menggunakan sisa cat untuk karya seni maupun kerajinan kuno yang bagus.

Tuangkan sisi kreatifmu dengan menggunakan sisa cat untuk menjadi sesuatu yang memukau. Dapatkan beberapa kanvas kosong dan lukis permukaannya dengan sisa cat.

Kamu juga bisa menggunakan sisa cat untuk mengecat pot-pot tanaman agar terlihat lebih menarik.

Jika sisa cat berwarna putih, kamu juga bisa menggunakannya untuk campuran warna cat lain sehingga menghasilkan warna baru sesuai kreasi dan keinginan.

Gunakan cat sisa apa pun untuk memperbarui tampilan furnitur. Dengan hal ini kamu membantu lingkungan dengan dua cara, yakni tidak membuang sisa cat yang tak terpakai dan menyimpan perabot lama menjadi berguna kembali.

Jika mencari sesuatu yang sedikit lebih kreatif untuk dilakukan dengan sisa cat yang tak lagi terpakai, ubahlah menjadi cat papan tulis (chalkboard paint).


Yang kamu perlukan hanyalah plaster, sisa cat, dan sedikit air. Untuk setiap tiga sendok makan cat, campurkan dua sendok makan plaster dan satu sendok makan air, kemudian campur dan cat.

Cat papan tulis sangat serbaguna. Kamu dapat menggunakannya untuk mengecat kaca pada bingkai foto, membuat papan tulis yang lucu dan dekoratif di bagian dalam pintu lemari atau mengecat beberapa dinding untuk menulis.

Sumbangkan

Jika kamu tidak ingin menyimpannya atau tidak cukup mahir untuk berkreasi dengan sisa cat, menyumbangkannya adalah pilihan tepat.

Kamu bisa memberikan sisa cat kepada tetangga, teman, kelompok seniman, komunitas atau bahkan sekolah yang mungkin membutuhkan.

Tanyakan kepada keluarga atau temanmu apakah mereka menginginkan sisa cat untuk dekorasi atau proyek renovasi.

https://www.kompas.com/homey/read/2022/06/18/122400776/punya-sisa-cat-yang-tak-lagi-terpakai-manfaatkan-untuk-6-hal-ini

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke