Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ide Dekorasi Apartemen Sewaan Tanpa Bujet Besar

JAKARTA, KOMPAS.com - Tinggal di apartemen sewaan atau rumah kontrakan bukan berarti tidak bisa mendekorasinya agar nyaman dihuni. Banyak pemilik mengizinkan penyewanya untuk mendekorasi apartemen atau rumah.

Jika melakukan perbaikan properti bukanlah suatu pilihan, masih banyak cara terjangkau untuk mendekorasi apartemen sewaan atau rumah kontrakan agar indah dan nyaman. Bujet yang Anda keluarkan pun tidak harus banyak.

Dilansir The Spruce, Sabtu (11/6/2022), berikut beberapa ide dekorasi apartemen sewaan tanpa harus mengeluarkan bujet besar.

1. Dinding

Anda dapat mendekorasi dinding dengan mural atau wallpaper. Adapun untuk alternatif yang lebih sederhana, bingkai warna-warna yang serasi dari kain cantik atau kertas lembar memo agar sesuai dengan dekorasi Anda.

Stiker dinding pun bisa menjadi pilihan, sebab sebagian besar dibuat untuk dilepas dengan mudah. Selain itu,

Anda juga bisa menggantung tirai atau kain murah di sepanjang dinding untuk menciptakan fitur yang bagus dan memberikan warna dan tekstur pada ruangan.

Anda bahkan dapat menggantung tirai dari langit-langit untuk membagi area yang luas.

Tidak hanya itu, cermin adalah cara hemat untuk mempercantik ruangan. Cermin membuat ruangan sempit terlihat lebih besar dan ruang gelap terlihat lebih cerah.

Cermin murah dapat ditemukan di toko dekorasi rumah atau beragam toko online.


Jika Anda diizinkan untuk mengecat dinding, pilih warna netral terang yang akan lebih mudah untuk dicat ulang sebelum Anda pindah. Tambahkan warna melalui elemen lain seperti seni, furnitur, dan dekorasi.

2. Lantai

Karpet adalah solusi bagi Anda yang merupakan penyewa apartemen. Karpet tidak hanya melindungi lantai, tetapi juga merupakan cara yang bagus untuk menambahkan kehangatan, warna, dan pola ke ruangan. 

Di apartemen studio atau ruangan besar, karpet juga bisa digunakan untuk mendefinisikan ruang tamu.

3. Jendela

Seringkali tirai atau gorden sudah dipasang di apartemen sewaan, tetapi jika Anda membutuhkan atau menginginkan dekorasi jendela dengan anggaran terbatas, pertimbangkan untuk membuatnya sendiri, tanpa perlu keterampilan menjahit.

4. Pencahayaan

Mengganti pencahayaan yang ada di apartemen sewaan biasanya tidak diperbolehkan, tetapi jika perlengkapan pencahayaan jelek atau tidak berfungsi, mungkin perlu mengajukan penggantian kepada pemilik apartemen.

Pemilik yang baik mungkin akan menawarkan untuk menggantinya. Namun, Anda pun bisa melakukannya sendiri pula.

Menambahkan pencahayaan tambahan ke ruangan adalah cara murah untuk mencerahkan ruang yang membosankan. Pikirkan pencahayaan berlapis dari atas ke bawah.

Pencahayaan berupa lampu gantung atau lampu overhead maupun pencahayaan tugas dapat memberikan cahaya lembut, tetapi jangan abaikan pencahayaan lantai atau pencahayaan aksen untuk menonjolkan karya seni, lemari, atau rak buku.

5. Furnitur

Jika apartemen yang Anda sewa kecil, pertimbangkan furnitur yang berfungsi ganda. Tempat tidur sofa alias sofa bed, misalnya, sangat fungsional di apartemen studio.

Ottoman yang berfungsi ganda sebagai penyimpanan atau meja kopi yang berubah menjadi meja makan juga merupakan solusi kreatif untuk ruangan sempit.

6. Aksesoris

Salah satu cara terbaik untuk menambahkan warna dan kepribadian ke apartemen sewaan adalah melalui aksesoris.

Untuk menambah keunikan pada apartemen sewaan atau rumah kontrakan yang biasa-biasa saja, cari barang kerajinan tangan atau vintage untuk mempercantik ruangan.

Tambahkan sentuhan warna melalui bantal sofa dan aksesoris kecil seperti tembikar, bingkai foto, atau tumpukan buku.

Tanaman hias juga dapat menambahkan sentuhan kehidupan yang sangat dibutuhkan ke ruangan. Jika Anda bekerja berjam-jam atau mencari tanaman yang mudah dirawat, cobalah tanaman sukulen atau tanaman lain yang perawatannya rendah.

https://www.kompas.com/homey/read/2022/06/11/220000476/ide-dekorasi-apartemen-sewaan-tanpa-bujet-besar

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke