Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Tidur Lebih Nyenyak dengan Meletakkan 6 Tanaman Hias Ini di Kamar

JAKARTA, KOMPAS.com- Tidur yang berkualitas tentunya dapat membuatmu segar dan lebih bersemangat untuk memulai aktivitas keesokan harinya.

Untuk menciptakan kamar tidur yang nyaman banyak hal bisa kamu lakukan, seperti memilih kasur terbaik, pencahayaan yang redup dan juga dengan menambahkan beberapa aroma yang membuatmu lebih rileks.

Ada beberapa tanaman hias dengan aroma menenangkan yang cocok diletakkan di dalam kamar tidur. Aroma dari tanaman hias ini dipercaya dapat memulihkan kesehatan psikis dan mengobati masalah seperti kecemasan dan kelelahan.

Melansir dari Bed Pillows, Sabtu (28/5/2022), berikut ini merupakan jenis tanaman hias dengan aroma menenangkan yang cocok untuk diletakkan di kamar tidur.

Melati

Menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh Dr. Bryan Raudenbush West Virginia's Wheeling Jesuit University, menghirup aroma melati sebelum tidur dapat membuatmu tidur yang lebih nyenyak yang ditandai dengan berkurangnya gerakan tidur.

Jika kamu mencium aroma melati sebelum tidur, kamu akan terbangun dengan perasaan lebih segar dan energi yang lebih banyak.

Kamu bisa meletakkan tanaman melati di area tidurmu atau gunakan minyak esensial beraroma melati untuk meningkatkan kualitas tidur.

Lavender

Aroma lavender dinobatkan sebagai salah satu aroma terbaik untuk tidur dan relaksasi oleh National Sleep Foundation karena kemampuannya untuk menurunkan detak jantung dan tekanan darah, menenangkan pikiran dan meningkatkan kualitas tidur.

Banyak penelitian yang sudah membuktikan jika menghirup aroma lavender sebelum tidur akan membuatmu lebih rileks dan mengurangi kecemasan.

Untuk menanam lavender di kamar tidur, letakkan di ambang jendela yang terkena sinar matahari langsung. Pastikan tanahnya kering dan tidak lembab.

Tanaman untuk kamar tidur lainnya yang bisa kamu jadikan pilihan adalah aloe vera atau lidah buaya. Tanaman ini efektif menghilangkan benzena dan formaldehida dari udara.

Selain kemampuannya memurnikan udara, lidah buaya memiliki beberapa manfaat dalam pengobatan dan biasanya digunakan untuk meredakan nyeri akibat luka bakar.

Agar tanaman lidah buaya tumbuh subur, letakkan di dekat cahaya dengan penyiraman yang tidak berlebihan.

Gardenia

Beberapa penelitian telah menunjukkan kemampuan gardenia untuk menenangkan dan meningkatkan kualitas tidur.

Menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh para peneliti di Heinrich-Heine Universität dan Ruhr-Universität di Jerman, aroma gardenia memiliki khasiat yang sama dengan barbiturat dan propofol yang diresepkan secara populer.

Namun tanaman ini membutuhkan lingkungan spesifik agar bisa tumbuh dengan subur. Berikan tanaman gardenia sinar matahari tidak langsung yang cerah, lingkungan yang sejuk, kelembaban, dan penyiraman teratur.

Pothos emas

Pothos emas meningkatkan kualitas udara dengan membuang racun berbahaya, khususnya benzena, formaldehida dan xilena, sehingga memudahkan mu untuk tidur di malam hari.

Tanaman ini cukup mudah dirawat, kamu bisa langsung mengenalinya dari daunnya yang hijau dan kuning cerah.

Pothos emas ideal untuk kamar tidur karena dapat berkembang dalam cahaya rendah, tidak langsung atau disaring, dan hanya membutuhkan air saat tanah kering.

Gerbera daisy

Tanaman gerbera menghasilkan oksigen di malam hari sehingga memberikan tingkat oksigen yang lebih tinggi selama jam tidur.

Tanaman ini juga membantu menghilangkan formaldehida, benzena dan trikloroetilen dari udara sehingga meningkatkan kualitas udara di area kamar tidur.

Jika kamu mencari tanaman yang dapat membantumu tidur namun dengan bunga yang indah, gerbera daisy bisa menjadi pilihan.

Mereka membutuhkan sinar matahari langsung penuh namun suhu dingin, dan membutuhkan air secara teratur.

https://www.kompas.com/homey/read/2022/05/28/140600276/tidur-lebih-nyenyak-dengan-meletakkan-6-tanaman-hias-ini-di-kamar

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke