Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

7 Tips Menghadirkan Ruang Khusus Yoga di Rumah

Selain itu, yoga juga identik dengan meditasi. Tak heran, juga kerap dilakukan di ruangan khusus dengan suasana tenang serta sunyi. 

Kegiatan yoga dapat dilakukan di rumah tanpa harus ke pusat kebugaran. Kamu cukup menyediakan ruangan khusus di rumah. 

Dikutip dari The Yoga Nomads, Minggu (22/5/2022), berikut beberapa tips menghadirkan ruang khusus yoga di rumah, yakni sebagai berikut.

Ada konsep feng shui tentang “saucha” yang berarti bersih dan rapi. Konsep ini digunakan di studio yoga untuk memudahkan seseorang berada dalam keadaan pikiran yang tenang dan santai.

Sementara itu, ruangan yang berantakan menghasilkan pikiran yang kacau. Jadi, penting menyingkirkan barang-barang yang tidak sesuai dengan ruang yoga.

Gunakan hanya dekorasi yang menginspirasi atau fungsional guna mengurangi rasa kewalahan, bahkan mendorong kamu melakukan yoga lebih sering.

Gunakan rak kayu untuk menyimpan buku yoga dan meditasi serta keranjang anyaman untuk menaruh tikar dan handuk yoga. 

Masukkan tanaman hias

Masukkan tanaman hias ke ruang yoga seperti sirih daging, tanaman terarium, lidah mertua, dan pakis Boston untuk memurnikan udara. 

Jika tidak memiliki jendela pertimbangkan memasukkan alam ke ruang yoga melalui beberapa kayu, batu atau kristal, bahkan bunga yang dikeringkan.

Warna kalem bernuansa dingin sangat cocok untuk ruang yoga seperti sage green, lavender yang halus, biru pastel, atau peach.

Hindari warna-warna terang seperti merah dan kuning karena dapat menyebabkan kecemasan atau stres. 

Pakai pencahayaan yang zen

Banyak studio yoga telah menerapkan terapi cahaya berwarna untuk mengaktifkan bagian-bagian tertentu dari otak selama melakukan beberapa gerakan yang berbeda saat yoga.

Cahaya berwarna merah dan oranye, misalnya,  dapat memotivasi seseorang selama melakukan yoga dengan intensitas tinggi.

Ada pula warna merah muda dan hijau yang dapat membuat seseorang merasa tenang selama melakukan peregangan. Pilih lampu strip LED dan lampu yang dapat berubah warna. Tambahkan nuansa mistis melalui lampu gantung dan lampu garam Himalaya.

Diffuser minyak esensial dan lilin alami adalah elemen penting untuk ruang yoga. Kamu dapat menggunakan aroma berbeda yang sesuai dengan chakra tertentu.

Wangi melati dan lavender, misalnya, dikaitkan dengan chakra mahkota.

Tapestry dan poster inspirasi

Foto-foto tempat alami dapat membawa energi sangat berbeda ke ruang yoga. Sementara itu, poster yang berhubungan dengan yoga dapat berfungsi sebagai panduan inspirasional. 

Untuk tapestry, kain bermotif yang digantung di dinding, dapat menambahkan nuansa mistis ke dalam ruangan.

Cermin

Kehadiran cermin di ruang yoga dapat membant melakukan pose dengan cara tepat guna meminimalkan risiko cedera. Lebih lanjut, cermin pun dapat membuat sudut kecil terasa lebih terbuka dan bebas.

https://www.kompas.com/homey/read/2022/05/22/222200576/7-tips-menghadirkan-ruang-khusus-yoga-di-rumah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke