Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cara Mencegah Kucing Makan Makanan Satu sama Lain

JAKARTA, KOMPAS.com - Jika Anda memiliki beberapa kucing peliharaan, Anda tahu akan sulit untuk menjauhkan mereka dari mangkuk makanannya satu sama lain.

Beberapa kucing dominan dan akan mencuri makanan dari teman serumahnya, yang dapat menyebabkan kekurangan gizi pada kucing yang lebih penurut.

Selain itu, kucing yang mencuri makanan satu sama lain dapat menimbulkan masalah jika satu atau lebih kucing membutuhkan makanan atau obat khusus dan dapat menyebabkan obesitas pada kucing yang lebih dominan.

Jadi, bagaimana Anda menghentikan perilaku kucing ini? Dilansir dari Hepper, Jumat (20/5/2022) berikut cara agar kucing tidak saling memakan makanan teman kucing serumahnya.

1. Tetapkan jadwal makan 

Memberi makan kucing dengan waktu tidak beraturan sangat populer di kalangan pemilik kucing, tetapi ini bukan cara yang ideal untuk memberi makan karena berbagai alasan.

Mengisi mangkuk kucing dan membiarkannya seharian tidak hanya mendorong perilaku menjaga makanan dan mencuri, tetapi juga mempersulit Anda untuk memantau asupan dan kesehatan kucing.

Menetapkan jadwal makan memecahkan banyak masalah ini.

Baik Anda memilih untuk memberi makan sekali, dua kali, atau tiga kali sehari, pilih jadwal yang sesuai dengan kucing. 

Kucing mungkin protes pada awalnya, tetapi seiring waktu, mereka akan terbiasa dengan jadwal baru dan hanya mengganggu Anda pada waktu makan.

2. Pisahkan kucing 

Jika Anda sudah menetapkan jadwal makan kucing, lebih mudah untuk memisahkan kucing dan memantau seberapa banyak setiap kucing makan. Jika pencurian makanan adalah masalah besar, pertimbangkan untuk memberi makan kucing Anda di area terpisah.

Anda dapat menempatkan kucing yang dominan di satu ruangan dengan makanan mereka dan memisahkan kucing pemalu di ruangan lain.

Ini benar-benar mencegah mereka memiliki akses ke makanan satu sama lain untuk mencurinya.

Anda juga dapat tinggal dan menonton mereka makan, tetapi jika Anda merasa nyaman, tinggalkan saja di kamar terpisah selama sekitar setengah jam untuk menyelesaikan makanan mereka, lalu angkat mangkuk.

3. Selalu keluarkan mangkuk makanan 

Jika Anda memisahkan kucing, tetapi kemudian meninggalkan mangkuknya, Anda dapat mendorong pencurian makanan. Setelah semua kucing bebas berkeliaran lagi, kucing dominan Anda mungkin mencari mangkuk makanan untuk menghabiskan makanan berlebih.

Jika Anda membiarkan ini, itu hanya mendorong kucing Anda untuk terus mencuri makanan di setiap kesempatan, belum lagi dapat berkontribusi pada obesitas. Selalu keluarkan dan bersihkan mangkuk makanan setelah kucing Anda selesai makan.

Mereka akan terbiasa dengan rutinitas ini, dan mudah-mudahan, mereka akan belajar untuk berhenti mencari makanan berlebih.

4. Tetapkan beberapa jarak

Jika Anda tidak memiliki ruang untuk mengurung kucing di ruangan terpisah, hal terbaik berikutnya adalah memantau makan mereka dan menjauhkan mangkuk dari satu sama lain.

Jarak tertentu akan mencegah kucing mencoba mencuri makanan, dan jika Anda melihat kucing menyelinap ke mangkuk orang lain, Anda akan menghentikannya.


Pilihan lain adalah memisahkan mangkuk berdasarkan ketinggian, bukan jarak lantai. Anda dapat meletakkan beberapa mangkuk makanan kucing di lantai dan beberapa di atas meja atau meja.

Anda tetap harus memantau waktu makan mereka, tetapi ini membantu dengan cara yang sama seperti menjaga jarak mangkuk di lantai.

5. Beri porsi sesuai

Menurut VCA Hospitals, sekitar 30 hingga 35 persen populasi kucing mengalami obesitas, yang dapat menyebabkan umur pendek, osteoartritis, masalah persendian, batu kandung kemih, penyakit jantung, dan kanker.

Sementara banyak faktor yang dapat menyebabkan obesitas pada kucing peliharaan, makan berlebihan adalah penyebab yang signifikan.

Kucing yang mencuri makanan lebih cenderung menelan lebih dari porsi idealnya, yang dapat menyebabkan obesitas dari waktu ke waktu. Sebaliknya, kucing yang kelebihan berat badan mencuri makanan merampas nutrisi penting yang dibutuhkan kucing lain.

Jika Anda tidak yakin berapa banyak yang harus dimakan oleh masing-masing kucing, mintalah rekomendasi dokter hewan berdasarkan riwayat kesehatan dan kebutuhan masing-masing kucing.

https://www.kompas.com/homey/read/2022/05/21/103800676/cara-mencegah-kucing-makan-makanan-satu-sama-lain

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke