Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ketahui, Ini Perawatan yang Perlu Dilakukan Mesin Cuci agar Tahan Lama

Sebab, mesin cuci yang tidak mendapat perawatan dengan baik dapat membuatnya tidak bekerja optimal dan mengharuskan Anda mengeluarkan uang lebih untuk perbaikan yang mahal. 

Sebaliknya, merawat mesin cuci dan pengering dengan baik dapat memperpanjang usia pemakaiannya. Dengan demikian, membuat Anda dapat menghemat uang untuk melakukan perbaikan rutin serta menunda membeli peralatan baru selama mungkin. 

Selain itu, mencegah rumah dari berbagai risiko buruk seperti korsleting listrik dan kebakaran. 

Dilansir dari American Home Shield, Jumat (20/5/2022), berikut perawatan yang perlu dilakukan mesin cuci agar tetap bekerja optimal dan tahan lama. 

Bersihkan perangkap serat pengering sebelum atau sesudah digunakan untuk menjaga efisiensi serta mencegah kebakaran rumah.

Jika memiliki mesin cuci bukaan depan, keringkan gasket pintu itu setelah digunakan. Untuk mesin cuci bukaan atas, biarkan tutupnya terbuka guna membantu mengeringkan dan mengeluarkan udara dari dalam serta mencegah pertumbuhan jamur.

Untuk mencegah pembentukan jamur dan lumut pada mesin cuci, segera keluarkan pakaian basah sehabis mencucinya. 

Selain itu, gnakan detergen yang tepat untuk mesin cuci. Misalnya, untuk mesin cuci dengan efisiensi tinggi, gunakan juga detergen dengan efisiensi tinggi. 

Saat mencuci pakaian, berhati-hatilah agar tidak membebani mesin cuci Anda. Jangan pernah mengisi mesin cuci lebih dari tiga perempat penuh.

Jika mencuci barang-barang berat seperti selimut, handuk, atau jeans, cucilah dalam jumlah  lebih kecil untuk meringankan beban mesin.

Lakukan hal yang sama untuk pengering guna menjaga beban tetap kecil sehingga meminimalkan tekanan pada mesin.

Pastikan mesin cuci tidak goyang dan bergetar saat mencuci pakaian. Jika ya, periksa beban dan menyeimbangkannya. Angkat atau turunkan kaki mesin cuci untuk menstabilkannya atau meletakkannya di atas alas mesin cuci. 

Bersihkan mesin cuci dengan menjalankan siklus pencucian kosong dengan campuran dua cangkir air panas, satu cangkir cuka, dan dua sendok makan baking soda.

Bersihkan perangkap serat pintu pengering setiap kali menggunakannya. Namun, bersihkan ventilasi interior setiap bulan dengan melepaskan selang pembuangan dari bagian belakang pengering dan menyedot debu dari lubang pembuangan.

Periksa juga selang mesin cuci setiap bulan. Cari karat di ujung selang dan kerusakan seperti retak, menggembung, berjumbai, atau bocor. Ganti selang bila rusak setiap tiga sampai lima tahun. Ganti selang karet dengan selang logam. 

Pemeliharaan tahunan 

Setiap tahun, Anda harus melepas, membersihkan, atau mengganti seluruhnya saluran pembuangan pada pengering.

Saluran pembuangan yang tersumbat dapat menyebabkan kebakaran rumah karena serat yang terperangkap akan mudah terbakar saat terkena panas yang keluar dari knalpot pengering mesin.

Jika memiliki saluran pembuangan pengering vinil, pertimbangkan menggantinya dengan logam.

https://www.kompas.com/homey/read/2022/05/20/195300576/ketahui-ini-perawatan-yang-perlu-dilakukan-mesin-cuci-agar-tahan-lama

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke