Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

4 Tips Ampuh Membasmi Rayap di Dapur

Pasalnya, rayap bisa menghancurkan bangunan rumah dan menghabiskan biaya perbaikan yang mahal. 

Namun, lantaran rayap bekerja secara diam-diam, banyak penghuni rumah yang tidak menyadari ancaman itu dan sulit mengindentifikasi keberadannya. Hingga akhirnya, rayap menimbulkan kerusakan parah pada rumah. 

Rayap bisa muncul pada bagian rumah mana pun, termasuk dapur yang merupakan salah satu ruangan di rumah yang memiliki banyak permukaan kayu seperti lemari, rak, dan meja dapur.

Seperti diketahui, rayap adalah pemakan kayu. Serangga kecil ini bisa memakan segala hal di rumah yang terbuat dari material kayu 

Untuk mencegahnya, dikutip dari Expert Home Report, Selasa (17/5/2022), berikut tips membasmi rayap di dapur. 

Caranya, siapkan larutan bubuk boraks dan air, aduk sampai tercampur rata, lalu oleskan larutan bubuk ke permukaan kayu yang terkena.

Serbuk boraks adalah metode membasmi rayap yang umum digunakan. Metode ini tidak beracun serta membersikan hasil maksimal. Pastikan Anda mengetahui area yang terkena dan menerapkan solusi sebelum terlambat. 

Namun, apabila rayap telah menggerogoti banyak permukaan lemari dapur hingga merusaknya, penyemprotan menggunakan bubuk boraks mungkin tidak efektif. 

Sebagai solusi, sebaiknya mempertimbangkan mengganti lemari yang telah rusak. Namun, pastikan Anda merawat area tersebut dengan benar sebelum memasang furnitur baru untuk mencegah pengulangan rayap kembali muncul. 

Manfaatkan cahaya matahari 

Rayap senang berkembang biak dalam kondisi lembap dan gelap. Jika mengamati adanya rayap pada lemari dapur, segera memindahkan dan menjemurnya di bawah sinar matahari selama dua sampai tiga hari terus-menerus guna membasmi rayap di dapur. 

Perlu diketahui, rayap tidak tahan dengan panas yang menyengat dan akan membuatnya mati dengan mudah.

Selain membasmi rayap, menjemur  furnitur kayu di bawah sinar matahari yang sangat panas secara konstan juga membantu menghilangkan kelembapan di dalamnya sehingga mencegah serangan tambahan. 

Untuk perangkap bekerja lebih efektif, pastikan membasahinya dengan air untuk memberikan aroma yang menarik.

Setelah itu, letakkan di dekat area yang dicurigai adanya rayap dan amati rayap akan berkerumun ke karton. Setalh rayap terkumpul, segera membuang atau membakar karton untuk membasmi rayap. 

Minyak jeruk 

Terakhir, membasmi rayap di dapur adalah menggunakan minyak jeruk. Minyak yang terbuat dari d-limonene ini beracun bagi rayap.

Minyak jeruk menyebabkan rangka luar rayap mencair, yang mengakibatkannya kehilangan kelembapan dan protein, yang akhirnya menyebabkan kematian yang menyiksa bagi rayap. 

Semprotkan minyak jeruk langsung ke rayap atau di tempat yang dicurigai adanya keberadaan rayap. 

https://www.kompas.com/homey/read/2022/05/17/192000376/4-tips-ampuh-membasmi-rayap-di-dapur

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke