Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

4 Bahan Alami yang Dapat Digunakan untuk Membuat Insektisida

Sayangnya, keberadaan hama ini tak bisa dihindari ketika merawat tanaman, terlebih ketika tanaman masuk dalam periode mekar atau berbuah. Ini merupakan waktu yang disukai hama untuk berkembang dan merusak tanaman. 

Hama dapat menyerang tanaman dengan cara berbeda, bahkan dapat menyebabkan tanaman mati. Namun, menerapkan insektisida tepat waktu dapat mencegah hama. 

Selain pestisida kimia, Anda bisa membuat pestisida alami menggunakan bahan alami seperti dilansir dari Decor Tips, Selasa (17/5/2022). 

Untuk membuatnya, Anda perlu menyiapkan botol semprot, saringan, enam sampai sepuluh cabai apa saja, dua gelas air, dan beberapa lada hitam. 

Langkah pertama membuat insektisida lada hitam ini adalah menghaluskan cabai, lalu masukkan ke botol semprot, tambahkan secangkir air dan merica. 

Aduk rata semua bahan serta diamkan semalaman agar bahan mengendap di dasar botol. Keesokan harinya, gunakan saringan untuk memisahkan bahan dari cairan, kemudian masukkan kembali cairan bebas residu ke botol semprot .

Terakhir, isi botol semprot dengan secangkir air lagi. Campuran ini bisa langsung diaplikasikan pada tanaman. 

Baking soda 

Selain lada hitam, baking soda juga bisa digunakan untuk membuat insektisida alami. Untuk membuat, ambil dua atau tiga sendok makan baking soda, lalu masukkan ke botol semprot, dan tambahkan air. 

Setelah itu, Anda bisa langsung menyemprotkan cairan ini ke tanaman untuk mencegah hama. 

Hal ini karena tomat mengandung tomatine, senyawa yang ditemukan pada daun tanaman tomat dan bertindak melawan serangga dan mikroorganisme yang berbeda.

Untuk membuat insektisida tomat, siapkan beberapa tomat, lalu hancurkan, dan masukkan ke botol semprot berisi air. Diamkan campuran selama sepuluh jam serta saring untuk membuang daunnya. Cairan tomat ini pun siap digunakan. 

Cangkang telur 

Untuk insektisida satu ini, siapkan beberapa cangkang telur, lalu haluskan hingga menjadi bubuk. dan taburkan pada pangkal tanaman yang terkena hama. 

https://www.kompas.com/homey/read/2022/05/17/162800676/4-bahan-alami-yang-dapat-digunakan-untuk-membuat-insektisida

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke