Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

5 Tanaman yang Memberi Ketenangan dan Memurnikan Udara di Kamar Tidur

Memasukkan tanaman ke kamar tidur dapat membantu meningkatkan produktivitas dan suasana hati, mengurangi stres, memberi ketenangan, serta membantu tidur lebih cepat. 

Selain itu, banyak tanaman juga dapat membantu menghilangkan zat berbahaya seperti formaldehida dan benzena serta menyaring dan membersihkan udara.

Namun, saat memasukkan tanaman ke kamar tidur, pastikan ruangan memiliki ventilasi yang baik dan membersihkan tanaman secara teratur agar bebas debu.

Dilansir dari Country Living, Senin (16/5/2022), berikut tanaman hias yang dapat meningkatkan relaksasi dan memurnikan udara di kamar tidur.  

Tanaman lidah mertua juga minim perawatan. Tanaman ini hanya membutuhkan cahaya tidak langsung yang terang dan cukup menyiram tanaman setiap dua minggu

Evie Lane, ahli berkebun di pusat taman Primrose, menyarankan menyiram lidah mertua setiap dua minggu saat tanah benar-benar kering untuk mencegah penyiraman yang berlebihan dan pembusukan akar. 

Lavender

Sifat relaksasi yang dimiliki membuat lavender menjadi pilihan tepat untuk kamar tidur. Beberapa penelitian menemukan lavender dapat meningkatkan kadar melatonin, yang pada gilirannya mendukung tidur malam yang lebih baik.

Penelitian lain mengungkapkan lavender membantu membawa tidur dengan menenangkan sistem saraf pusat. "Memungkinkan Anda untuk jatuh ke dalam 'gelombang lambat' atau 'tidur nyenyak',” jelas Evie.

Namun, secara umum, lavender cukup sulit untuk tumbuh di dalam ruangan karena membutuhkan banyak sinar matahari untuk berkembang dan dapat membusuk jika  menyiramnya terlalu banyak. 

Areca palm cocok untuk kamar tidur karena kemampuannya memurnikan udara dan menghilangkan racun berbahay seperti benzena dan formaldehida.

Selain itu, areca palm juga merupakan pelembap yang bagus dan dapat menenangkan masalah sinus umum yang disebabkan oleh udara dalam ruangan yang kering. 

Rubber plant 

Tanaman karet atau rubber plant adalah pembersih udara yang kuat, dengan daun besar yang bisa menarik kontaminan di udara. 

Rubber plant adalah pilihan yang baik untuk kamar tidur yang lebih kecil. Tanaman ini dapat dengan mudah tumbuh hingga tiga meter atau lebih di dalam ruangan.

Tanaman ini juga hanya membutuhkan cahaya sedang dan cukup membersihkan daunnya dengan kain bila terkena debu. 

Tanaman hias ini juga tumbuh lambat saat diletakkan di dalam ruangan. Biasanya, membutuhkan waktu sekitar tiga hingga empat tahun untuk matang sepenuhnya. 

Selain itu, tanaman lidah buaya tidak membutuhkan banyak air karena mempertahankan kelembapan di dalam daunnya sehingga sangat mudah dirawat.

Sirami tanaman setiap dua hingga tiga minggu pada musim panas dan setiap empat hingga enam minggu selama bulan-bulan yang lebih dingin. 

https://www.kompas.com/homey/read/2022/05/16/173200476/5-tanaman-yang-memberi-ketenangan-dan-memurnikan-udara-di-kamar-tidur

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke