Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Penyebab dan Cara Menghilangkan Bau yang Keluar dari AC

JAKARTA, KOMPAS.com - Bau asam yang muncul dari AC biasanya menunjukkan masalah dengan sistem pembuangan kondensasi.

Kondensasi adalah metode pendinginan di dalam AC, dan jika tidak dikeringkan dengan baik, dapat menciptakan kondisi yang diperlukan bagi bakteri dan jamur berkembang dan menghasilkan bau busuk.

Dilansir Hunker, Selasa (10/5/2022), ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk menghilangkan bau keluar dari AC. 

1. Bersihkan atau ganti filter

Filter AC yang tersumbat atau sudah lama dapat menyebabkan sejumlah masalah pada sistem AC. Filter yang tidak berfungsi dengan baik akan mencegah AC menarik udara yang cukup untuk berputar melalui sistem.

Hal ini menyebabkan udara di dalam AC meningkat dalam kelembapan dan membuat segala sesuatu di dalam sistem menjadi lembap, menciptakan kondisi untuk pertumbuhan jamur dan lumut.

Pastikan filter AC berfungsi dengan baik, dan bersihkan atau ganti filter pada interval yang disarankan dalam panduan pengguna untuk unit Anda.

2. Periksa saluran pembuangan kondesat

Semua AC secara fungsional serupa, mereka menarik udara dalam ruangan melalui filter dan meniupnya melintasi kumparan tembaga dingin yang diisi dengan zat pendingin.

Kumparan ini secara bersamaan mengurangi suhu udara dan "keringat", atau mengumpulkan kondensasi, dari kelembapan di udara.

Kondensasi kemudian mengalir ke saluran pembuangan kondensat untuk dibuang, sementara udara kering yang dingin dikembalikan ke rumah.

Jika AC Anda telah dijalankan untuk waktu yang lama dengan filter yang belum diservis baru-baru ini, Anda mungkin memiliki saluran pembuangan kondensat yang tersumbat.

Saluran kondensat, yang terletak di pengendali udara tepat di bawah koil pendingin, menangkap kondensasi saat mengalir dari koil dingin.

Rambut dan kotoran lainnya dapat menyumbat lubang pembuangan di tengah panci, menyebabkan cadangan air dan bau busuk. Jika hal ini terjadi, Anda bisa memanggil teknisi AC untuk membersihkannya. 

Hubungi teknisi AC

Jika Anda memiliki masalah kelembapan dengan AC Anda untuk waktu yang lama, Anda mungkin sekarang memiliki pertumbuhan jamur di saluran AC.

Ini adalah situasi yang berpotensi berbahaya, karena beberapa jenis jamur dan lumut cukup merusak kualitas udara dalam ruangan.

Jika Anda mencurigai saluran Anda yang bermasalah, hubungi teknisi AC yang terlatih dalam menghilangkan jamur untuk membersihkan atau mengganti saluran.

https://www.kompas.com/homey/read/2022/05/10/161500876/penyebab-dan-cara-menghilangkan-bau-yang-keluar-dari-ac

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke