Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Catat, Ini 5 Cara Terbaik Membasmi Rayap dari Rumah

Seperti diketahui, keberadaan rayap dapat menyebabkan kerusakan rumah yang sangat besar seperti menghancurkan fondasi rumah serta menggerogoti struktural kayu internal. 

Selain itu, rayap juga bisa memakan segala hal di rumah yang terbuat dari kayu seperti kusen pintu, jendela, tiang kayu, dan furnitur kayu lainnya. Akibatnya, kayu menjadi lapuk, busuk, hancur, serta menyebabkan kerusakan mahal. 

Namun, membasmi rayap dari rumah bukan hal mudah dan sedikit menegangkan. Tak heran, banyak penghuni rumah yang mencari tahu cara terbaik dan mudah menyingkirkan hama serangga ini.  

Dikutip dari My Decorative, Jumat (6/5/2022), berikut sejumlah cara membasmi rayap di rumah. 

Bifenthrin adalah pestisida umum yang masih digunakan di industri. Meski menghemat biaya sejak awal, ini bukan pilihan terbaik bagi pemilik rumah.

Membasmi rayap tampak seperti solusi tepat, tetapi itu tidak mengatasi masalah koloni rayap. Serangga ini cukup pintar menghindari area yang telah diberi pestisida.

Rayap melihatnya sebagai penghalang jalan dan menghindarinya sama sekali. Masalahnya adalah rayap akhirnya membangun koloni di tempat yang tidak inginkan dan itu ada di dalam rumah.

Tentu saja, ini akan membuat perbaikan rumah lebih mahal. Banyak perusahaan pengendalian hama terkemuka masih harus berurusan dengan masalah ini. 

Membuat hambatan fisik

Kode bangunan Australia mengamanatkan bahwa harus ada membran plastik atau logam di tembok bata. Ini bertindak sebagai penghalang atau pencegah rayap karena tidak ada celah di antara pelat.

Masalahnya, seiring waktu, retakan akan terbentuk secara alami dan rayap akhirnya menemukan celah untuk masuk.

Bahkan ada banyak lumpur yang dibuat rayap ditemukandi sekitar penghalang pelindung yang seharusnya. Setelah pemeriksaan lebih lanjut, hama telah mendapatkan akses ke properti dan menyebabkan kerusakan cukup besar. 

Termidor adalah produk slow release dan tidak membunuh rayap di tempat. Sebaliknya, ia berpindah dari rayap ke rayap lain sampai semua koloni terpengaruh.

Apa yang membuat ini berhasil dengan baik adalah bahwa tindakan perlindungan lainnya masih dilakukan, sementara koloni mulai mereda secara perlahan.

Pengaturan semacam ini dapat bertahan hingga delapan tahun dengan pemeriksaan yang konsisten. 

Gunakan sistem Exterra Bait 

Meski efektif membasmi rayap, Termidor tidak cocok untuk semua jenis properti. Termidor,  bukan pengobatan atau pilihan yang bijaksana karena membutuhkan kedalaman tanah yang konsisten, yang akan bertindak sebagai penghalang yang tidak terputus.

Sementara itu, metode membasmi rayap menggunakan sistem Exterra Bait bekerja dengan menyediakan stasiun makan di sekitar properti yang seharusnya menarik rayap.

Tempat makan ini dipenuhi dengan selulosa, bahan tak tertahankan yang mereka sukai dalam kayu. Itu juga diisi dengan pengatur pertumbuhan serangga yang disebut inhibitor sintesis kitin.

Bahan kimia ini mempengaruhi kemampuan rayap untuk berganti kulit dan membentuk kerangka luar baru. Dalam waktu singkat, semua koloni sudah dieliminasi. 

Hubungi perusahaan pengendalian hama berpengalaman 

Bila cara-cara membasmi rayap di atas telah diikuti, tetapi tidak berhasil, Anda bisa meminta bantuan perusahaan pengendali hama profesional untuk mengusir rayap dari rumah. 

Mereka akan mengetahui lokasi dan cara membasmi rayap dengan tepat. Namun, Anda perlu menyiapkan biaya lebih. 

https://www.kompas.com/homey/read/2022/05/06/122300376/catat-ini-5-cara-terbaik-membasmi-rayap-dari-rumah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke