Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Hindari, 5 Kesalahan Menyimpan dan Memanaskan Makanan Sisa

JAKARTA, KOMPAS.com - Memanaskan makanan matang menjadi salah satu cara untuk tidak membuang makanan sisa.

Akan tetapi, dalam memanaskan makanan, ada hal penting yang harus diketahui, yakni harus membunuh bakteri yang berpotensi berbahaya yang berada dalam makanan yang sudah dimasak dan didinginkan.

Dilansir dari Real Simple, Rabu (4/5/2022), ada lima kesalahan besar yang harus Anda hindari saat memanaskan makanan sisa.

1. Membiarkan makanan pada suhu kamar lebih dari dua jam

Jangan biarkan makanan yang mudah rusak, termasuk makanan yang dimasak atau sisa makanan, disimpan pada suhu kamar selama lebih dari dua jam. 

Selain itu, setelah memasak apa pun, pastikan untuk menjaga hidangan pada suhu 60 derajat celcius atau lebih hangat sampai atau saat disajikan.

Menurut Layanan Keamanan dan Inspeksi Makanan Departemen Pertanian AS (USDA), "zona bahaya" antara 4 derajat celcius dan 60 derajat celcius adalah tempat bakteri berbahaya yang menyebabkan penyakit bawaan makanan dapat tumbuh.

“Buang semua makanan yang mudah rusak yang telah dibiarkan dalam suhu kamar selama lebih dari dua jam (satu jam jika suhunya lebih dari 32 derajat celcius seperti pada piknik di luar ruangan selama musim panas),” kata USDA di laman resminya.

Selain itu, ingatlah untuk mendinginkan sisa makanan secepat mungkin dan coba turunkan suhunya secepat mungkin agar tidak tertinggal di zona bahaya suhu.

Wadah dangkal dapat membantu mencapai hal ini, seperti halnya memotong makanan yang lebih besar menjadi potongan-potongan yang lebih kecil.

Misalnya, Anda mungkin harus membagi sup atau rebusan dalam jumlah besar ke dalam wadah yang lebih kecil untuk pendinginan yang lebih cepat.

Hal yang sama berlaku untuk daging panggang utuh, potong menjadi bagian-bagian yang lebih kecil sebelum memasukkannya ke dalam kulkas.

Untuk mempercepat pendinginan, Anda juga dapat mencoba menempatkan wadah kedap udara di dalam bak es atau air dingin sebelum Anda mendinginkannya.

2. Tidak menyimpan di wadah kedap udara

Pilih wadah penyimpanan makanan berkualitas tinggi dan kedap udara.

Juga, pastikan untuk mencocokkan jumlah sisa makanan Anda dengan ukuran wadah, ini akan menghilangkan ruang udara ekstra yang membantu mencegah bakteri keluar, menjaga kelembapan, dan menghindari bau lain menempel pada makanan.

3. Menyimpan makanan di kulkas dengan suhu hangat

Pastikan kulkas disetel pada suhu 4 derajat celcius atau lebih rendah. Pun jangan hanya mengandalkan pengaturan yang telah diprogram sebelumnya.

Menurut survei Eatright.org, lebih dari sepertiga orang biasanya menyimpan kulkas mereka pada suhu 4 derajat celcius atau lebih tinggi, dan 41 persen mengakui bahwa mereka tidak tahu suhu yang tepat untuk menyetel kulkasnya.

4. Menyimpan makanan lebih dari 5 hari

USDA merekomendasikan untuk menggunakan sisa makanan yang didinginkan dalam tiga hingga lima hari atau membekukannya hingga empat bulan.

Hidung Anda yang paling tahu, jadi pastikan untuk membuang makanan apa pun yang tidak berbau, berwarna, atau berubah tekstur.


Untuk menyederhanakan berbagai hal, selalu beri label sisa makanan untuk melacak kapan dibuat, dan simpan di kulkas dengan baik sehingga Anda dapat melihat apa yang Anda miliki. Selain itu, jika ragu, buang saja.

5. Tidak memanaskan makanan dalam suhu tinggi

"Saat memanaskan kembali sisa makanan, pastikan suhunya mencapai 73 derajat Celcius yang diukur dengan termometer makanan,” saran USDA.

Panaskan kembali saus, sup, dan saus dengan merebusnya hingga mendidih. Tutup sisa makanan untuk dipanaskan kembali. Ini mempertahankan kelembapan dan memastikan bahwa makanan akan tetap panas.

Termometer makanan adalah satu-satunya cara yang dapat diandalkan untuk memastikan Anda telah mencapai suhu yang cukup tinggi untuk menghilangkan bakteri berbahaya dan untuk menentukan kematangan makanan yang dimasak.

Ini sangat penting saat memanaskan kembali makanan yang sering terkontaminasi bakteri yang kemungkinan menyebabkan penyakit bawaan makanan, seperti ayam, telur, dan sapi.

https://www.kompas.com/homey/read/2022/05/04/095700776/hindari-5-kesalahan-menyimpan-dan-memanaskan-makanan-sisa-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke