Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cara Membuat Pupuk Organik Cair untuk Menyuburkan Tanaman

JAKARTA, KOMPAS.com - Pupuk organik cair (POC) berguna untuk membuat tanaman tumbuh subur karena mendorong pembentukan zat klorofil pada daun dan pembentukan bintil akar bagi tanaman polong-polongan.

Selain itu, pupuk organik cair juga kaya akan kalium yang sangat dibutuhkan dalam proses keberlangsungan hidup tanaman.

Menariknya lagi, POC cukup mudah untuk dibuat di rumah. Berikut cara membuat pupuk organik cair (POC) yang telah dilansir kanal YouTube Taman Inspirasi. 

Cara membuat pupuk organik cair

1. Pecahkan telur bebek ke dalam ember, kemudian kocok hingga kuning dan putih telurnya menyatu.

2. Tambahkan micin sebanyak 10 gram atau kira-kira dua sendok makan. Aduk hingga tercampur merata.

3. Selanjutnya tambahkan molase atau tetes tebu sebanyak 100 ml. Kamu juga bisa mengganti molase dengan gula jawa yang sudah dicairkan. Kembali aduk agar bahannya tercampur merata.

4. Masukkan 200 ml EM4 agar proses fermentasi pupuk organik cair lebih cepat. Aduk-aduk lagi campuran bahan-bahan tersebut.

5. Kemudian tambahkan 1 liter air kelapa dan aduk hingga tercampur sempurna. Bila di rumah tidak ada air kelapa, kamu bisa menggantinya dengan air bekas cucian beras.

6. Lanjut, ambil toples yang tadi sudah kamu siapkan. Masukkan campuran tersebut ke dalam toples dam tutup rapat agar udara tak masuk.

Meski begitu, kamu bisa membukanya sesekali untuk mengurangi gas pada pupuk.

7. Simpan pupuk cair di tempat gelap selama 2 minggu agar proses fermentasi berhasil. Bila sudah tak ada busa dan baunya segar seperti tapai, berarti proses fermentasi telah selesai.

Dosis penggunaan pupuk organik

Cara menggunakan pupuk organik ini juga mudah. Kamu hanya perlu melarutkan 100 ml pupuk organik cair (POC) ke dalam 4 liter air.

Setelah diaduk hingga merata, tuangkan pupuk ini sekitar 300 ml ke tanah atau media tanam. Kamu bisa melakukan pemberian pupuk organik cair setiap satu minggu sekali.

https://www.kompas.com/homey/read/2022/04/29/173600976/cara-membuat-pupuk-organik-cair-untuk-menyuburkan-tanaman

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke