Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Simak, Tinggi Meja Nakas yang Ideal untuk Kamar Tidur

JAKARTA, KOMPAS.com – Meja nightstand atau meja nakas adalah sebuah meja kecil yang umumnya diletakkan di samping tempat tidur, tepatnya di sisi kanan dan kiri kepala tempat tidur.

Biasanya, orang-orang memanfaatkan meja ini menaruh lampu meja, alarm, buku yang kerap dibaca sebelum tidur, hingga ponsel.

Terkait jumlah, umumnya orang-orang akan menggunakan sepasang meja nakas untuk menyeimbangkan tempat tidur. Namun, bisa pula hanya menggunakan satu meja jika ruang kamar tidur terlalu sempit.

Berbicara tentang menyeimbangkan tempat tidur, tentunya ada hal lain yang perlu dipertimbangkan terkait meja nakas, yakni ketinggian.

Berapa tinggi meja nakas yang ideal untuk kamar tidur? Apakah mereka harus sejajar, lebih tinggi, atau justru lebih rendah dari kasur? Simak penjelasannya, seperti disadur Homely Ville, Selasa (26/4/2022).

Tinggi meja nakas yang ideal

Faktor paling penting untuk dipertimbangkan saat memilih meja nakas adalah tinggi kasur. Meja nakas perlu memiliki tinggi yang setara, atau setidaknya sedikit lebih tinggi, dari permukaan kasur.

Kendati demikian, tempat tidur dan kasur memiliki ukuran dan tinggi yang beragam. Walhasil, tidak ada patokan umum terkait tinggi standar meja nakas.

Secara umum, tinggi tempat tidur dan kasur secara keseluruhan adalah 63 centimeter (cm). Namun, ada pula yang tingginya serendah 45-50 cm atau setinggi 88 cm.

Kenapa tinggi meja nakas penting?

Seperti yang dikatakan sebelumnya, meja nakas menjadi tempat untuk menyimpan berbagai macam hal. Tingginya cukup penting agar kamu bisa menjangkau benda yang berada di permukaan dengan mudah.

Alasan lainnya meja nakas perlu sejajar atau sedikit lebih tinggi dari kasur adalah adanya kemungkinan kamu merusak benda yang ditaruh di meja nakas yang cukup rendah, seperti tidak sengaja menyenggolnya hingga jatuh.

Selain itu, meja nakas yang tingginya lebih rendah dari kasur juga menyulitkanmu untuk mematikan alarm. Kamu perlu bangun dari kasur hanya untuk melakukannya.

Meja nakas yang sejajar atau sedikit lebih tinggi dari kasur juga memungkinkanmu untuk tidak membungkuk ketika ingin mengambil sesuatu saat sedang berdiri.

Tingginya boleh lebih rendah dari kasur, tetapi...

Ada situasi yang memungkinkan meja nakas memiliki tinggi yang lebih rendah dari kasur, yakni jika tampilan meja nakas melengkapi dan senada dengan dekorasi kamar tidur.

Kemudian, jika kamu memiliki dua meja nakas dan hanya satu yang sering digunakan, kamu dapat menggunakan yang tingginya lebih rendah dari kasur untuk meja yang jarang digunakan.

Selanjutnya, meja nakas boleh lebih rendah dari kasur apabila kamu sudah memiliki untuk waktu yang lama dan telah terbiasa dengan tingginya sehingga merasa nyaman.

https://www.kompas.com/homey/read/2022/04/26/103600676/simak-tinggi-meja-nakas-yang-ideal-untuk-kamar-tidur

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke