Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Manfaat Korek Api Kayu untuk Tanaman dan Cara Menggunakannya

JAKARTA, KOMPAS.com - Ada banyak tips merawat tanaman yang beredar, tidak sedikit di antaranya menggunakan bahan yang sudah ada di rumah. Salah satunya adalah korek api kayu.

Korek api kayu tidak hanya bermanfaat untuk menghasilkan api untuk menyalakan lilin dan lainnya. Ada beberapa kegunaan korek api kayu untuk tanaman, seperti mengusir hama dan menyuburkan tanaman.

Dikutip dari Balcony Garden Web, Jumat (22/4/2022), berikut beberapa manfaat korek api untuk tanaman dan cara menggunakannya.

1. Menangkal hama

Jika Anda tidak melihat pertumbuhan yang baik di kebun dan tanaman hias, itu mungkin karena hama, meskipun Anda telah melakukan penyiraman, pemupukan, dan perawatan tepat waktu.

Terkadang sulit untuk mengusir hama, dan hama tinggal di tanah berkualitas buruk. Penyiraman dan pemupukan yang berlebihan memicu kehadiran hama tanaman.

Ambil 8-10 batang korek api dan masukkan ke dalam tanah, sedikit menjauh dari tepi pot. Siram tanaman seperti biasa.

Biarkan korek api selama seminggu di dalam tanah dan periksa apakah kepalanya larut atau tidak. Jika demikian, cabut korek api lama dan ganti dengan yang baru.

Ulangi proses ini sebanyak tiga hingga empat kali sampai hama pergi.

2. Membantu meningkatkan pertumbuhan tanaman

Batang korek api mengandung kalium klorat, fosfor, belerang, sedikit magnesium, dan oksida besi. Beberapa jenis korek api kayu juga mengandung fosfor merah.

Jika Anda melewatkan jadwal pemupukan karena tidak ada waktu, tips ini dapat membuat perbedaan kecil dalam meningkatkan kesehatan tanaman.

Fosfor dalam batang korek api membantu membangun sistem akar yang baik. Ini juga bagus untuk tanaman buah-buahan, sayuran, rempah-rempah.

Sulfur dan magnesium membantu dalam produksi klorofil, yang berarti tanaman akan memiliki dedaunan yang lebih hijau.

Namun, trik korek api ini cocok untuk tanaman di pot kecil dan mungkin tidak bekerja dengan baik untuk tanaman dan pohon yang sangat besar.

3. Sebagai pupuk tanaman

Tidak selalu mudah untuk menentukan berapa banyak pupuk yang dibutuhkan tanaman. Anda dapat mengakalinya dengan aman dengan menancapkan 10-15 batang korek api per pot.

Saat Anda menyiram tanaman, air akan melarutkan batang korek api, secara bertahap melepaskan fosfor, magnesium, dan belerang ke dalam tanah, yang membantu menyuburkan tanaman secara perlahan.

Namun, tips ini tidak akan sepenuhnya menggantikan penggunaan pupuk karena korek api kayu tidak dapat memberikan nutrisi yang cukup mengingat ukurannya.

Cara menggunakan korek api kayu untuk meningkatkan pertumbuhan tanaman

Tancapkan 10-20 batang korek api ke bawah di tanah di sekitar setiap tanaman. Pastikan kepala korek api terkubur dengan benar.

Tempatkan batang korek api di tengah antara batang tanaman dan tepi pot. Hindari meletakkan korek api di dekat bola akar, karena dapat merusak akar tanaman.


Untuk membuat pupuk cair, rendam beberapa batang korek api di kaleng penyiraman. Kepala korek api akan larut dalam air dan akan menyuburkan tanaman.

Jangan gunakan batang korek api bekas sebagai pupuk. Saat korek api dinyalakan, unsur tumbuhan seperti belerang dan magnesium teroksidasi menjadi bentuk yang berbeda.

Oleh karena itu korek api yang dibakar atau korek api bekas tidak dapat digunakan untuk tujuan ini. Selalu gunakan korek api baru.

https://www.kompas.com/homey/read/2022/04/22/081700876/manfaat-korek-api-kayu-untuk-tanaman-dan-cara-menggunakannya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke