Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cara Membuat Pestisida Alami untuk Membasmi Hama Ulat Grayak

JAKARTA, KOMPAS.com- Ulat grayak atau Spidoptera frugiperda merupakan hama yang berasal dari Amerika Serikat yang sangat berbahaya bagi tanaman.

Hal ini karena ulat grayak bisa menyebar dan berkembang biak dengan cepat. Ngengat ulat grayak bisa terbang sejauh 100 kilometer dan mengeluarkan hingga 2000 telur dalam sekali berkembang biak.

Sehingga untuk mengusir hama yang satu ini dari tanaman jagung atau mentimun, kamu perlu menggunakan insektisida yang harganya bisa lebih dari 100 ribu.

Namun, ada pestisida alami dan murah yang ampuh untuk mengusir hama ulat grayak, berikut ini cara membuat dan menggunakannya yang dilansir dari YouTube Malindo Channel, Jumat (15/4/2022).

Bahan untuk membuat pestisida

Selain menggunakan pestisida alami yang dijual di pasaran, kamu juga bisa berkreasi menggunakan bahan-bahan alami dan murah untuk membuat larutan pembasmi hama ulat grayak.

Untuk membuat insektisida ulat grayak, kamu hanya membutuhkan tembakau, lotion obat nyamuk, lem fox atau kayu, pupuk cair PSB (Photosyntetic Bacteria), dan air secukupnya.

Cara menggunakan pestisida alami

Bila larutan yang kamu buat sudah jadi, ambil jerigen uuntuk menyemprot tanaman. Beri air hingga hampir penuh. Lanjut masukkan 100 ml pestisida yang sudah kamu buat ke dalan jerigen dengan kapasitas 16 liter.

Namun, ini tergantung dari kondisi hama yang menyerang tanamanmu. Bila hama ulat grayak sudah parah, kamu bisa menggunakan dosis pestisida alami lebih banyak.

Lalu aduk campuran air dan insektisida yang sudah kamu buat. Selanjutnya semprot daun tanaman yang terkena hama secara menyeluruh.

Membuat pestisida alami bisa menjadi alternatif mudah dan murah untuk melindungi tanaman dari hama mengerikan seperti ulat grayak.

https://www.kompas.com/homey/read/2022/04/15/152900676/cara-membuat-pestisida-alami-untuk-membasmi-hama-ulat-grayak

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke