Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

5 Tanaman yang Harus Dimiliki di Rumah untuk Tingkatkan Kesehatan

Sebab, melalui proses fotosintesis, tanaman menghasilkan sebagian besar oksigen yang digunakan manusia untuk bernapas.

Namun, itu bukan satu-satunya fungsi menakjubkan dari tanaman. Beberapa di antaranya juga mampu membersihkan udara, mengusir serangga, menyembuhkan gangguan pernapasan, bahkan membangkitkan semangat.

Dilansir dari Bright Side, Senin (11/4/2022), berikut ini adalah lima tanaman yang harus kamu miliki di rumah untuk meningkatkan kesehatanmu.

Prinsip aktifnya dapat membantu meredakan diare, menyembuhkan bisul di mulut dan kulit, serta mengobati gatal akibat gigitan serangga.

Geranio citronela

Yang kamu butuhkan hanyalah cahaya, tanah dengan nutrisi, dan drainase yang baik untuk dapat menanam geranio citronela di rumah.

Jadi, jika kamu merasa tidak pandai dalam berkebun, itu tidak akan bisa menjadi alasan karena tanaman ini sangat mudah dirawat.

Tidak hanya itu, geranio citronela mengeluarkan aroma yang mengingatkan pada lemon yang bisa sangat bagus untuk kita, tetapi tidak untuk serangga.


Oleh karena itu, geranio citronela sangat ideal untuk mengusir nyamuk, lalat, dan tawon. Letakkan tanaman ini di dalam rumah atau di taman dan kamu bisa mengucapkan selamat tinggal pada gigitan serangga yang mengganggu.

Namun, ada beberapa produk yang kamu gunakan setiap hari yang melepaskan zat beracun tanpa disadari.

Misalnya, cat tembok mungkin mengandung benzena, kosmetik dapat dibuat dengan bahan kimia berbahaya, dan hal yang sama berlaku untuk produk pembersih.

Dracaena dianggap sebagai tanaman pemurnian karena sangat efektif menyerap karbon monoksida dari udara dan menghilangkan benzena.

Tempatkan tanaman dracaena di suatu tempat di rumahmu, di mana kamu menghabiskan banyak waktu atau di ruangan yang perlu untuk memurnikan udara.

Echinacea

Selain sempurna untuk mendekorasi rumahmu, echinacea memiliki beberapa khasiat kesehatan yang bermanfaat.

Misalnya, mempromosikan penyembuhan luka dan mengurangi peradangan. Tanaman ini juga telah terbukti untuk melawan flu biasa.

Lili paris (spider plant)

Ini adalah salah satu tanaman yang paling mudah beradaptasi di dunia. Lili paris ideal untuk pemula karena mudah dirawat.

Selain itu, ternyata mereka sangat bermanfaat bagi kesehatanmu karena mengurangi tingkat stres dan menjernihkan udara.

https://www.kompas.com/homey/read/2022/04/11/161000476/5-tanaman-yang-harus-dimiliki-di-rumah-untuk-tingkatkan-kesehatan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke