Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

3 Cara Mudah Menghilangkan Lumut di Kebun, Bisa Pakai Cuka

JAKARTA, KOMPAS.com - Lumut sering muncul saat musim hujan karena air dan kelembapan. Kondisi cuaca dan lingkungan yang lembap memungkinkan spora berkembang biak.

Dikutip dari Express, Jumat (11/3/2022), lumut dapat muncul di berbagai permukaan, mulai dari permukaan beton hingga halaman rumah. Namun, jangan khawatir, sebab menghilangkan lumut dapat dilakukan dengan mudah.

Apa itu lumut?

Lumut adalah salah satu jenis tumbuhan darat pembawa spora nonvaskuler yang memiliki lebih dari 12.000 spesies di seluruh dunia.

Tumbuhan hijau ini umumnya ditemukan di lokasi yang lembap dan teduh seperti hutan dan permukaan tanah di bawah pohon rindang dan ditandai dengan penampilannya yang berbulu.

Lumut tidak hanya tidak sedap dipandang, tetapi juga dapat berdampak negatif pada tanaman di sekitarnya karena sifat penyerapnya.

Cara menghilangkan lumut

Ada beberapa metode untuk menghilangkan lumut yang tumbuh di permukaan yang keras. Cara menghilangkan lumut dapat dilakukan dengan beberapa bahan rumah tangga.

1. Larutan cuka

Cuka putih telah membuktikan kegunaannya di sekitar rumah, tetapi juga dapat menghasilkan keajaiban di kebun Anda juga, yakni dalam hal menghilangkan lumut.

Cukup encerkan cuka putih dan air dengan perbandingan yang sama ke dalam botol semprot dan kocok dengan baik. Semprotkan secukupnya pada area yang terkena.

Biarkan larutan selama semalaman dan periksa kembali keesokan harinya setelah cairan telah menembus permukaan.

Selama waktu ini, lumut yang dulunya hijau akan berubah menjadi cokelat dan terasa jauh lebih longgar di permukaan taman atau halaman rumah Anda.

Gunakan sekop bersih untuk menghilangkan lumut dari beton, teras, atau jalan masuk.

Semprotkan area tersebut sesering mungkin dengan semprotan yang sama untuk mencegah lumut sepanjang musim semi.

2. Menggosok area yang terkena lumut

Salah satu cara paling sederhana untuk menghilangkan lumut adalah dengan mengupasnya secara fisik dari permukaan dengan menggosok area yang terkena.

Menambahkan beberapa tetes deterjen cair dapat membantu membunuh lumut hidup yang membandel sekaligus menghilangkannya. Gunakan sikat besar dengan bulu kaku dan tambahkan beberapa tetes pembersih pilihan Anda.

Gosok dengan kuat dan bilas area dengan mesin cuci listrik atau selang untuk membersihkan sisa-sisa jahitan, retakan, atau area lain yang sulit dijangkau.

3. Semprot halaman Anda

Untuk pertumbuhan lumut di halaman rumah, penting untuk menggunakan bahan yang lembut untuk menghindari kerusakan lebih lanjut pada rumput.

Campurkan beberapa tetes sabun cuci piring ke dalam botol semprot yang telah diisi air. Semprotkan ke area yang terkena lumut.

Anda juga dapat melakukan ini saat musim kemarau ketika tidak ada hujan yang diperkirakan selama setidaknya 24 jam.


Cara mencegah lumut tumbuh di halaman rumah

Setelah Anda menghilangkan lumut, penting untuk mengambil tindakan pencegahan untuk menghentikannya kembali ke halaman rumah.

Ada dua faktor utama yang perlu dipertimbangkan saat mencegah lumut, termasuk tingkat pH tanah dan tingkat keteduhan di halaman rumah.

Gunakan soda kue untuk menyeimbangkan keasaman tanah jika halaman rumah rentan terhadap pertumbuhan lumut. Campurkan satu sendok makan soda kue dengan 3 liter air dan tutupi area yang terkena lumut.

Anda dapat menambahkan kadarnya untuk menangani tambalan lumut yang lebih besar. Cukup tambahkan lebih banyak soda kue ke dalam jumlah air yang sama.

Ulangi ini dua hingga tiga kali seminggu untuk terus menaikkan tingkat pH tanah sampai tidak cocok untuk pertumbuhan lumut.

Anda juga dapat menebang atau memangkas pohon untuk memungkinkan lebih banyak cahaya bersinar di area berlumut.

https://www.kompas.com/homey/read/2022/03/11/085300576/3-cara-mudah-menghilangkan-lumut-di-kebun-bisa-pakai-cuka

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke