Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ketahui, Ini 8 Penyebab Daun Bunga Anggrek Menguning

Dikutip dari Balcony Garden Web, Kamis (24/2/2022), ada beragam penyebab daun bunga anggrek menguning. Apa saja?

Penyebab pertama daun anggrek berubah menjadi kuning adalah tanah yang digunakan untuk tanaman anggrek.

Penggunaan campuran pot biasa atau tanah kebun menyebabkan media tanam tumbuh menahan kelembapan berlebih dan membuat daun menjadi kuning.

Cara terbaik merawat anggrek adalah  menggunakan media tanam yang tepat seperti pecahan batu bata, pecahan genteng, sabut kelapa, moss, arang, serbuk gergaji, hingga pakis. 

Pilihlah media tanam yang disukai dan cocok dengan tanaman anggrek. 

Memiliki banyak air

Bunga anggrek yang memiliki terlalu banyak air dapat menghasilkan akar yang membusuk. Kondisi ini menyulitkan tanaman menerima nutrisi dan air yang tepat sehingga dedaunan menjadi kuning.

Tanaman anggrek perlu disiram secara rutin. Namun, untuk penyiraman secara mendalam, hanya lakukan jika media tanam terasa kering saat disentuh. 

Untuk menghindari daun bunga anggrek menguning, hindari tanaman kekurangan air. Kondisi ini tidak hanya membuat tanaman menjadi stres, tapi juga mengubah akar bunga anggrek menjadi putih, mengerut, dan mati. 

Dengan demikian, akar tidak bisa mengangkut air dan nutrisi yang dibutuhkan tanaman untuk tumbuh sehat.

Cara terbaik menjaga bunga anggrek dari kekeringan adalah menyiramnya sekali dalam tujuh hingga delapan hari pada musim semi dan musim panas.

Perpanjang durasi ini menjadi sekali dalam 13-15 hari pada musim gugur dan musim dingin. Terus perhatikan media tanam untuk memastikan bunga anggrek tidak benar-benar kering.

Kelembapan rendah di sekitar bunga anggrek dapat membuat dedaunannya berubah warna menjadi kuning serta mengerut. 

Di habitat aslinya, bunga anggrek tumbuh paling baik dalam kelembapan 40-60 persen. Tingkat di bawah persentase ini dapat membuat udara di sekitar tanaman terasa kering serta anggrek menjadi stres.

Untuk mengatasinya, semprot daun anggrek sekali dalam dua hingga tiga hari. Alternatifnya, letakkan pot di dalam wadah berisi batu kerikil dan air. Bisa pula menggunakan humidifier. 

Mendapatkan cahaya matahari langsung

Di habitat aslinya, bunga anggrek tumbuh di bawah kanopi pohon. Artinya, berada di luar jangkauan cahaya matahari langsung.

Jika menaruh anggrek di ambang jendela yang menerima cahaya matahari langsung sepanjang hari, tidak heran daunnya yang sensitif berubah menjadi kuning.

Untuk itu, petakkan pot bunga anggrek di area yang menerima cahaya matahari tidak langsung.

Kekurangan cahaya

Bunga anggrek tidak bisa mendapatkan cahaya matahari langsung. Namun, bukan berarti  harus ditempatkan di ruangan yang kekurangan cahaya.

Menempatkan bunga anggrek di ruangan yang kekurangan cahaya dapat menyebabkan bunga menguning. 

Kebanyakan pupuk

Memberi bunga anggrek pupuk secara berlebihan dapat membakar akarnya serta menyebabkan kesulitan mengangkut air dan nutrisi.

Gunakan pupuk yang diformulasikan khusus untuk anggrek atau pakan cair seimbang yang diencerkan hingga seperempat kekuatannya. Penggunaannya ikuti instruksi pada label.

Kena suhu dingin

Bunga anggrek sensitif pada fluktuasi suhu, khususnya suhu dingin. Suhu dingin bisa menyebabkan bunga anggrek menguning.

Anggrek dapat tumbuh dengan baik pada suhu 12 derajat Celsius pada malam hari dan 24 derajat Celsius pada siang hari.

https://www.kompas.com/homey/read/2022/02/24/173400576/ketahui-ini-8-penyebab-daun-bunga-anggrek-menguning

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke