Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

5 Alasan Kasur Mengeluarkan Bunyi Derit saat Ditiduri

JAKARTA, KOMPAS.com – Derit kasur yang terdengar setiap kali kamu membalikkan tubuh saat berbaring terbilang cukup mengganggu, terlebih jika kamu sudah beberapa hari belakangan kekurangan waktu tidur.

Ada beragam alasan di balik kasur yang berderit saat ditiduri. Apa saja? Simak selengkapnya, seperti disadur The Spruce, Sabtu (19/2/2022).

Pegas yang berada di dalam kasur atau dipan (box spring) mungkin bergesekan dengan bagian lain, dan membuat kasur berderit.

Namun, pegas bersifat internal sehingga kamu tidak boleh mencoba memperbaikinya. Sebaiknya kamu membeli kasur atau dipan baru.

2. Tempat tidur perlu diperbaiki

Tempat tidur logam atau kayu cenderung melonggar seiring berjalannya waktu, atau tidak pernah dikencangkan dengan benar sejak awal.

Untuk membantu menghilangkan derit kasur, kamu dapat mengencangkan bagian-bagian yang ada pada tempat tidur.

3. Tempat tidur perlu pelumas

Komponen rangka tempat tidur dapat bergesekan satu sama lain, meski sudah dikencangkan. Setelah dilumasi, mereka tetap akan saling bergesekan.


Akan tetapi, gesekan akan cukup berkurang dan bunyi derit akan hilang sepenuhnya, atau setidaknya akan berkurang dan menjadi lebih tenang.

Untuk pelumas, gunakan tipe dry lubricant. Pelumas semprot ini terasa basah saat dikeluarkan, namun kering dalam beberapa detik. Mereka aman untuk furniturmu, dan tidak akan menetes ke lantai.

4. Tempat tidur kayu membutuhkan selotip felt tape

Beberapa tempat tidur kayu memiliki dua papan (stringer rail) yang membentang dari kepala tempat tidur ke ujung tempat tidur.

Pada setiap ujung papan terdapat kait logam yang dipasang pada lubang di kepala dan ujung tempat tidur.

Saat kasur mengalami tekanan, papan-papan tersebut saling bergesekan dengan kepala dan ujung tempat tidur sehingga menyebabkan bunyi derit.

Untuk mengatasinya, kamu dapat menambahkan selotip jenis felt tape pada ruang antara papan dan kepala atau ujung tempat tidur guna menghilangkan derit.

5. Dipan memerlukan bantalan

Pergeseran dipan pada bagian dalam rangka tempat tidur dapat menyebabkan kasur berderit. Tambahkan bantalan di antara komponen tersebut untuk membantu mengurangi suaranya.

https://www.kompas.com/homey/read/2022/02/19/121200976/5-alasan-kasur-mengeluarkan-bunyi-derit-saat-ditiduri

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke