Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kapan Tanaman Perlu Diberikan Garam Epsom? Ini Penjelasannya

Rupanya, garam epsom juga bisa digunakan untuk tanaman. Beberapa pemilik kebun mengatakan bahwa jenis garam ini merupakan kombinasi magnesium dan belerang yang memiliki manfaat baik untuk tanaman. 

Sama dengan manusia, tanaman membutuhkan magnesium untuk bertumbuh dengan baik.

"Magnesium adalah salah satu makronutrien esensial yang dibutuhkan tanaman untuk berfotosintesis," kata Summer Rayne Oakes, otoritas tanaman di balik Plant One on Me, dilansir dari Mind Body Green, Senin (14/2/2022). 

Garam epsom mengandung magnesium, yakni ion sentral dalam klorofil yang dibutuhkan tanaman untuk membuat makanan. Magnesium juga diperlukan dalam sintesis RNA dan DNA, mengikat dengan banyak enzim penting, serta mengasimilasi fosfor—makronutrien penting lainnya.

Sulfur dalam garam epsom juga bermanfaat membantu tanaman membentuk enzim dan protein penting. 

Tanaman paling sehat dan tahan banting adalah tanaman yang mendapatkan jumlah tepat dari semua nutrisi penting, dari magnesium, belerang, nitrogen, fosfor, hingga kalium. Itulah mengapa penting memupuk tanaman secara teratur, terutama jika tanahnya memiliki kekurangan.

Namun, garam epsom bukan pupuk yang lengkap. Meski meningkatkan jumlah magnesium dan belerang di tanah, garam epsom tidak dapat menambahkan nutrisi lain yang dibutuhkan tanaman untuk tumbuh kuat.

Jadi, seperti bubuk kopi, nilai garam epsom sebagai aditif taman sedikit dilebih-lebihkan. 

Ahli hortikultura profesional bersertifikat dan penulis, Leslie F. Halleck, mengatakan jika tanah  kekurangan magnesium dan belerang, garam epsom tidak akan banyak membantu.

"Jika Anda sudah memiliki cukup banyak magnesium yang tersedia di dalam tanah, itu dapat menyebabkan komplikasi untuk penyerapan nutrisi lain," tambah Oakes.  

Untuk tanah dengan kadar magnesium yang sedikit rendah, menyiram dengan air asin tampaknya meningkatkan pertumbuhan tanaman, pembungaan, dan pembuahan untuk mawar, tomat, serta paprika. 

Namun, kelompok enam pemilik kebun mencatat bahwa sulit menemukan hubungan langsung antara nutrisi tertentu seperti magnesium sulfat dan peningkatan hasil atau pertumbuhan tanaman.

Sebab, semua variabel lain pada tanah seperti pH, kalsium, kandungan kalium, dan cuaca dapat memengaruhi tanaman.

Jika ingin mencoba garam epsom, berikut cara mengetahui apakah tanaman dapat menggunakan nutrisi tambahan dari garam epsom. 

Tanaman luar ruangan 

Sebelum menerapkan garam epsom di kebun, Halleck mengatakan melakukan tes tanah pada tanah kebun Anda untuk membantu memutuskan nutrisi mana yang mungkin memerlukan suplementasi.

Jika uji tanah menunjukkan bahwa Anda membutuhkan lebih banyak magnesium, belerang, atau keduanya, garam epsommerupakan tambahan yang baik untuk rejimen pupuk Anda. 

Oakes mengatakan tanda paling jelas adalah bercak menguning di antara urat daun yang disebut klorosis interveinal. Ini merupakan tanda tanaman kekurangan magnesium.  

Bagaimana menerapkannya?

1. Tambahkan satu hingga dua sendok makan garam epsom kedalam 3,5 liter air hangat dan kocok hingga tercampur. Penelitian National Gardening Association menyimpulkan bahwa rasio yang lebih tinggi dari itu tidak akan lebih efektif.

2. Setiap beberapa bulan sekali selama musim tanam, gunakan campuran sedikit garam ini pada tanaman. Anda dapat mengoleskannya langsung ke tanah atau menyemprotkan campuran ke daun tanaman untuk penyerapan yang lebih cepat. 

3. Gunakan tangan yang stabil. "Jumlah magnesium yang dibutuhkan tanaman cukup kecil, jadi juga sangat mudah untuk berlebihan dan 'memupuk berlebihan' tanaman," Oakes memperingatkan.

Tanda-tanda tanaman mendapat garam epsom berlebihan dapat dilihat pada pertumbuhan yang kerdil dan daun lebih gelap. 

https://www.kompas.com/homey/read/2022/02/14/170500876/kapan-tanaman-perlu-diberikan-garam-epsom-ini-penjelasannya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke