Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

4 Tips agar Anjing Peliharaan Tetap Tenang saat Mendengar Suara Bising

JAKARTA, KOMPAS.com- Salah satu hal yang membuat anjing takut bahkan stres adalah suara bising seperti suara kendaraan, kembang api dan alat-alat rumah tangga.

Anjing memiliki pendengaran yang tajam karena itu suara-suara bising bisa sangat mengagetkannya.

Saat mendengar suara bising biasanya anjing bereaksi dengan berlari mengelilingi rumah, melolong bahkan melarikan diri.

Melansir dari Tractive, Jumat (4/2/2022), berikut ini adalah 4 cara membuat anjing tetap tenang saat mendengar suara bising.

Menerima suara bising

Agar anjing tetap tenang dan tidak menunjukkan perilaku panik saat mendengar suara bising kamu bisa melatihnya secara perlahan.

Cobalah memberi makan saat kamu sedang memasak atau bersih-bersih, tidak banyak anjing yang mau makan saat stres dan panik.

Jika anjing menunjukkan perilaku panik dan takut, segera hentikan kegiatan memasak atau bersih-bersih.

Namun, jika anjing tetap tenang dan memakan makanannya tanpa masalah, ketakutan akan kebisingan akan berkurang.

Agar anjing tidak takut bising, gunakan volume yang rendah sehingga tidak langsung membuat anjing takut.

Jika kamu ingin melatih anjing tetap tenang saat menghadapi ketakutannya, sebaiknya kamu juga menghadapinya dengan tenang dan tidak panik.

Anjing dapat menangkap suasana hatimu, jika kamu panik maka ia juga akan ikut panik. Saat kamu mendengar kembang api atau guntur, usahakan tetap tenang dan menenangkan anjing peliharaan agar ia tetap rileks dan tidak takut.

Melatih anjing untuk tenang

Cara terbaik untuk melatih anjing tetap tenang adalah dengan mengajari mereka untuk duduk, diam dan fokus. Ajari anjing untuk fokus kepadamu dan alihkan perhatiannya saat ia merasa takut.

Ini membantu anjing mengalihkan pikiranku dari hal yang membuatnya bereaksi berlebihan serta menghilangkan stres. Saat kamu disekitarnya ia akan menjadi lebih percaya diri dan tidak mudah takut.

Setelah seharian melakukan aktivitas fisik, anjing akan lelah dan cenderung tidak peduli dengan suara bising di sekitarnya.

Sebaiknya ajak anjing mu beraktifitas di pagi hari pada saat-saat tertentu seperti tahun baru, perayaan dan aktivitas lain yang akan menghasilkan suara bising.

Kamu bisa jogging bersama, berenang, bermain lempar tangkap dan lainnya. Energi yang terkuras akan membuat anjing menjadi lebih rileks.

https://www.kompas.com/homey/read/2022/02/04/162700676/4-tips-agar-anjing-peliharaan-tetap-tenang-saat-mendengar-suara-bising

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke