Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

12 Pilihan Bunga yang Bisa Ditanam Berdasarkan Bulan Kelahiran

Dalam memilih jenis bunga untuk ditanam atau sebagai hadiah, umumnya orang-orang akan memperhatikan cara perawatan dan lokasi yang cocok untuk menempatkan bunga tersebut.

Namun, ada cara lain yang dapat digunakan, yakni memilih bunga berdasarkan bulan kelahiran seperti dilansir dari Mind Body Green, Minggu (23/1/2022).

Tradisi bunga kelahiran diperkirakan sudah ada sejak zaman Romawi. Saat itu, bunga digunakan sebagai dekorasi atau kado untuk menghormati hari ulang tahun.

Saat “bahasa bunga” berkembang pada abad ke-18 sampai abad ke-19, bunga-bunga tertentu digunakan untuk mengirim pesan rahasia melalui beragam makna yang tak terucap.

Pada masa kini, setiap bulan setidaknya memiliki satu bunga yang indah. Apa saja?

Januari, bunga anyelir

Bunga anyelir (Dianthus caryophyllus) adalah bunga kelahiran untuk Januari. Bunga ini memiliki beragam warna dengan arti berbeda. 

Misalnya, bunga anyelir merah melambangkan cinta,anyelir putih melambangkan kemurnian, dan kuning melambangkan penolakan.

Februari, bunga violet

Rachelle Robinett selaku herbalis terdaftar menjelaskan, energi bunga violet adalah sejuk dan lembap. Bunga ini memiliki sejarah panjang terkait dalam bidang pengobatan. 

Bunga violet dianggap mewakili kesetiaan, keberanian, kebijaksanaan, dan kepercayaan. Bunga ini dapat bertahan pasa kondisi yang keras sehingga cocok sebagai bunga untuk pertengahan musim dingin.

Sebab, bulan ini adalah periode ketika orang-orang mulai melihat tanda-tanda pertama musim semi di belahan bumi utara.

Musim semi dan bunga dafodil sama-sama melambangkan awal yang baru, kelahiran kembali, dan kegembiraan. Namun, bunga ini juga dapat melambangkan cinta yang tidak terbalas dan kesopanan.

April, bunga daisy

Bunga daisy atau Bellis perennis akan terbuka saat terkena sinar matahari pertama. Tak heran nama “daisy” disematkan karena nama itu berasal dari bahasa Anglo Saxon yang berarti “mata hari (day’s eye)”.

Bunga ini dianggap melambangkan kepolosan, kemurnian, dan menjaga rahasia.

Mei, bunga hawthorn

Menurut Robinett, bunga yang juga dikenal dengan Crataegus ini memiliki nama yang berasal dari bahasa Yunani “kratos” untuk “kekuatan” dan “ akis” untuk “tajam” karena durinya.

“Bunga bulan Mei ini melambangkan harapan, cinta, dan keintiman,” tuturnya.

Juni, bunga mawar

Sama dengan anyelir, bunga mawar juga memiliki beragam warna dengan makna berbeda.

Mawar merah melambangkan cinta, oranye gairah, dan kuning persahabatan atau kecemburuan.

Sementara itu, mawar putih elambangkan kemurnian, dan merah mudah melambangkan perasaan yang lebih lembut seperti kekaguman. 

Juli, bunga teratai

Bunga Nymphaea adalah bunga kelahiran untuk Juli. Bungau ini dikenal tenang dan tenteram karena mengambang dengan anggun di atas air tawar.

Nama latin bunga ini datang dari kata Yunani “nymph” atau roh feminin yang tinggal di sungai dan hutan. Bunga ini melambangkan kemurnian dan keagungan.

Agustus, bunga popi

Bunga popi memiliki banyak warna. Kini, bunga tersebut digunakan untuk menghormati mereka yang kalah dalam peperangan meski mereka memiliki arti historis berbeda.

Untuk bunga popi merah, mereka mewakili kepuasan, sementara putih mewakili penghiburan dan kuning kesuksesan.

Bunga morning glory berwarna ungu dapat dilihat pada tanaman merambat pada dinding kebun. Bunga ini melambangkan kasih sayang.

Diberi nama morning glory karena kuncupnya terbuka pada pagi buta, tapi tertutup pada awal sore hari.

Robinett menjelaskan, ada riset yang menemukan bahwa bunga ini memiliki beragam sifat terkait kesehatan, mengandung vitamin, mineral, dan asam amino.

Oktober, bunga marigold

Bunga ini memiliki warna yang hangat sehingga sempurna untuk bulan Oktober karena memiliki nuansa musim gugur.

Bunga marigold memiliki beragam arti, dari berduka, kenestapaan, kecemburuan, cinta, hingga gairah. Artinya tergantung pada konteks yang diberikan.

Menurut Robinett, dalam herbalisme, mereka adalah bunga yang serbaguna. Marigold lembut, tapi sangat efektif untuk dikonsumsi dalam bentuk apa pun, khususnya sebagai teh.

Umumnya, krisan melambangkan persahabatan, kegembiraan, dan kepositifan. Sementara, untuk krisan merah melambangkan cinta, sedangkan krisan putih berarti kemurnian. 

Desember, bunga narsis

Bunga narsis genus yang sama dengan bunga dafodil, yakni Narcissus, meski mereka adalah spesies yang berbeda.

Bunga kelahiran bulan Desember ini melambangkan menawan. Memberikan bunga ini kepada seseorang menunjukkan bahwa kamu merasa bahwa mereka adalah seseorang yang luar biasa apa adanya.

https://www.kompas.com/homey/read/2022/01/23/220500676/12-pilihan-bunga-yang-bisa-ditanam-berdasarkan-bulan-kelahiran-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke