Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

5 Kesalahan Menata Lemari Pakaian Kecil yang Harus Dihindari

JAKARTA, KOMPAS.com - Apakah Anda memiliki lemari pakaian yang tampaknya sulit diatur karena ukurannya kecil? Lemari pakaian kecil atau sempit maupun yang bentuknya aneh memang bisa jadi sulit diatur.

Namun, bukan berarti Anda tidak bisa menjaga lemari pakaian kecil tetap rapi. Anda hanya perlu menghindari beberapa kesalahan yang membuat penataan menjadi sulit.

Dilansir dari The Spruce, Sabtu (22/1/2022), berikut adalah lima kesalahan paling umum yang dilakukan orang saat mengatur lemari pakaian kecil.

1. Tidak merampingkan isi lemari

Jika Anda telah menyimpan setiap potong pakaian yang pernah dibeli dan lemari pakaian Anda kecil, kemungkinan besar tidak masalah seberapa terorganisir Anda secara teori. Dalam praktiknya, lemari pakaian Anda mungkin sangat sulit untuk tetap rapi.

Langkah pertama untuk mengatur lemari apa pun adalah merampingkan isinya. Dengan lemari kecil, Anda memiliki ruang minimal untuk bekerja.

Jadi, yang lebih penting adalah menyingkirkan pakaian yang tidak Anda pakai.

2. Menggunakan gantungan pakaian yang salah

Menggunakan gantungan dalam berbagai bentuk, ukuran, dan gaya dapat merusak rencana penataan lemari pakaian. Gantungan tidak harus sama persis.

Namun, gantungan harus memiliki ukuran dan jenis yang sama, sehingga cocok satu sama lain dan tidak terjebak satu sama lain.

Misalnya, jika Anda akan menggantung beberapa celana di gantungan dengan gesper dan yang lainnya dilipat di gantungan biasa, mungkin sulit untuk melihat ke dalam lemari Anda dan melihat semua celana sekaligus untuk memilih pasangannya.

Selain itu, kemeja besar yang disampirkan di gantungan kecil bisa lebih mudah kusut. Dan gantungan dengan ketinggian yang berbeda-beda dapat membuat pakaian Anda sulit dikeluarkan dari lemari secara fisik.

Saat Anda mencoba berpakaian, hal terakhir yang Anda butuhkan adalah gangguan pakaian yang saling menempel, jatuh ke lantai lemari, atau sepertinya hilang. Oleh karena itu, gunakan gantungan dasar dengan batang, yang dapat digunakan untuk sebagian besar pakaian.

3. Menjejalkan semua pakaian ke dalam lemari

Banyak orang memiliki pakaian yang hanya mereka kenakan untuk sebagian tahun tergantung pada musim. Tidak ada alasan untuk memiliki pakaian di luar musim yang mengacaukan lemari kecil jika Anda tidak akan memakainya selama berbulan-bulan.

Jika memungkinkan, putar pakaian sesuai musim. Jika Anda memiliki ruang penyimpanan ekstra, seperti loteng atau di bawah tempat tidur, letakkan pakaian di luar musim di sana untuk mengosongkan ruang lemari.

Atau Anda bisa meletakkan pakaian di luar musim di tempat sampah di lantai lemari atau rak yang tinggi. Ini akan memungkinkan akses yang lebih mudah ke pakaian musiman yang ingin Anda kenakan.

4. Menggunakan produk penataan yang tidak sesuai

Pembatas, kotak penyimpanan, dan keranjang dapat membantu dalam mengatur lemari, tetapi Anda harus menggunakannya dengan tepat. Jika Anda memiliki lemari kecil, hindari produk penataan besar yang tidak perlu yang akan memakan ruang berharga.

Alih-alih, cari produk yang sederhana, seperti pembagi rak datar, yang sesuai dengan ukuran dan bentuk barang yang tepat yang perlu Anda atur. Dengan begitu, produk akan memaksimalkan luas persegi lemari Anda daripada menciptakan ruang kosong.

5. Tidak memiliki sistem penataan

Ketika lemari Anda kecil, Anda mungkin berpikir dapat menemukan barang apa pun dengan mudah meskipun tidak ada yang dikategorikan. Sebenarnya, cukup mudah untuk melakukan hal itu.

Bisa menjadi lebih sulit untuk menemukan barang tertentu saat pakaian dikemas rapat ke dalam lemari kecil daripada digantung di walk-in yang besar.

Jadi penting untuk memiliki sistem organisasi lemari. Pertimbangkan untuk menyortir pakaian menurut jenisnya (jaket, kemeja, gaun, dan lain-lain) dan menurut warna di setiap jenisnya.

Pada akhirnya, bagaimana Anda mengatur tergantung pada preferensi pribadi selama Anda tahu di mana semuanya berada.

https://www.kompas.com/homey/read/2022/01/22/095346176/5-kesalahan-menata-lemari-pakaian-kecil-yang-harus-dihindari

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke