Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

7 Ras Kucing yang Hobi Berburu Tikus

JAKARTA, KOMPAS.com- Sebagai hewan predator, secara alamiah kucing memiliki insting berburu yang tinggi.

Karena itu kamu sering menemukan kucing peliharaanmu sedang menerkam, mengendap-endap atau memperhatikan mangsanya dari kejauhan.

Meskipun memiliki insting berburu, tak semua kucing tertarik untuk berburu mangsa termasuk tikus.

Beberapa jenis kucing lebih suka bersantai dan hidup damai. Namun jenis lainnya justru berburu tikus untuk melatih insting alaminya.

Melansir dari Cat Vills, Sabtu (15/1/2022), 7 ras kucing berikut ini memiliki semangat berburu yang kuat dibandingkan ras lainnya.

Maine coon

Maine coon dikenal sebagai salah satu ras kucing pemburu terbaik. Ia telah dikenal sebagai kucing peternakan dan juga merupakan sahabat setia di kapal.

Maine coon memiliki tumbuh yang besar dengan bulu lebat dan panjang. Namun meskipun terlihat sangar dan suka berburu, ia dikenal sebagai kucing yang penuh kasih sayang.

Kecerdikan dan kelincahan maine coon saat berburu membuatnya mudah menerkam mangsanya, termasuk tikus. Dia akan membuat tikus enggan kembali ke rumahmu lagi.

Siberian cat

Sama seperti maine coon, siberian juga dikenal sebagai ras kucing besar. Pada dongeng asal Rusia, siberian sering disebut sebagai kucing yang pemberani dan setia.

Di masa lalu ia dipercaya sebagai penjaga toko dan gudang biji-bijian agar terhindar dari tikus.

Tikus yang berlari lincah membuat kucing siberian geram dan ingin menerkamnya. Karena itu jenis kucing ini suka mainan yang melatih daya terkamnya seperti laser dan boneka mainan.

American shorthair

Berbeda dengan dua kucing sebelumnya, jenis kucing ini memiliki bulu yang lebih pendek sehingga mudah dirawat.

American shorthair dikenal sebagai kucing yang malas dan tidak terlalu energik. Namun mereka memiliki sejarah panjang sebagai salah satu ras pemburu tikus terbaik.

Ia sering kali diajak berlayar untuk menjaga penumpang dan pasokan makanan dari hewan pengerat.

American shorthair juga menjadi kucing favorite para pemilik toko dan petani karena tenang dan naluri berburunya sangat tinggi.

Domestic shorthair

Domestic shorthair sebenarnya tidak memiliki silsilah dan tidak termasuk ras tertentu. Secara umum jenis kuning ini memiliki berbagai warna, ukuran dan temperamen yang berbeda.

Karena tubuhnya yang terlihat kuat dan tangguh, kucing ini dipercaya sebagai kucing pekerja dan pemburu.

Selain itu mereka juga dikenal santai dan suka berpetualang. Hewan ini memiliki insting berburu yang tinggi dan tidak akan tinggal diam jika ada tikus yang bersembunyi di rumahmu.

Siamese

Kucing siam memiliki warna bulu unik sehingga mudah dikenali. Kucing siam merupakan ras terpintar sehingga mereka bisa berfikir dan menggunakan kemampuannya untuk menyudutkan mangsa.

Selain suka sekali mengeong, kucing siam juga lincah dan atletis. Jika kamu mencari tipe pemburu yang tenang, jelas kucing siam tak cocok untukmu. Karena ia seringkali terbawa suasana dan menjadi terlalu agresif.

Burmese

Kucing burma memiliki bulu cantik yang halus menyerupai sutera. Ia dikenal penuh kasih sayang namun gesit, cerdas dan atletis.

Karakteristiknya ini membuatnya sangat cocok sebagai kucing pemburu tikus. Karena kucing ini masih berkerabat dengan kucing siam, kamu tak perlu heran jika ia suka mengeong dan berisik.

Kucing burma akan melakukan inspeksi di sekitar rumah dan memastikan tidak ada hewan pengerat di rumahmu.

Chartreux

Kucing chartreux memiliki mata bulat oren tua dan bulu mantel ganda yang menawan. Ras kucing langka ini berasal dari Prancis dan sudah tercatat dalam sejarah sejak abad ke-18.

kucing ini sangat suka berburu tikus baik di rumah, gudang biji-bijian maupun toko sehingga mendapat julukan “death to rats”. Chartreux juga dikenal mudah beradaptasi dan suka berpetualang.

https://www.kompas.com/homey/read/2022/01/15/161500876/7-ras-kucing-yang-hobi-berburu-tikus-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke