Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

5 Kesalahan yang Membuat Lemari Pakaian Berantakan

Merapikan lemari pakaian sebetulnya tidaklah sulit. Hal tersulit adalah menjaga kerapian tersebut.  

Lemari pakaian yang berantakan tak selalu karena kurangnya tempat penyimpananan, tapi juga kesalahan penyimpanan yang dilakukan. Kebanyakan orang kerap asal menempatkan pakaian di dalam lemari.

Untuk membantu hal ini, penyelenggara profesional, Robyn Amott, membagikan kesalahan yang membuat kemari pakaian berantakan serta tips merapikannya dikutip dari Real Estate, Jumat (14/1/2022). 

“Untuk mengetahui apa lemari pakaian terbaik untuk Anda, periksa pakaian terlebih dahulu dan kelompokkan item bersama-sama sehingga bisa mendapatkan konteks berapa lama ruang gantung yang dibutuhkan dan ruang untuk atasan dan celana,” jelas Robyn. 

Memiliki terlalu banyak pakaian yang dilipat 

Kesalahan selanjutnya yang membuat lemari pakaian berantakan adalah terlalu banyak pakaian yang dilipat.

Bagi mereka yang memiliki rak yang dapat disesuaikan di lemari pakaian, Robyn merekomendasikan menyesuaikan rak agar lebih berdekatan. Ini akan memastikan pakaian tidak menumpuk dan menciptakan kekacauan yang tidak perlu.

Bergantung pada seberapa banyak ruang yang tersisa, Anda bahkan dapat menambahkan rak ekstra atau membuat ruang gantung baru. 

Pilihan lainnya adalah menggunakan wadah atau kubus. “Jika ada sesuatu yang digunakan secara teratur, salah satu solusinya adalah menggunakan penyimpanan tembus pandang bergaya akrilik untuk menyimpan barang-barang sejenis dan memperlakukan [wadah] seperti laci,” kat Robyn.

Dia juga merekomendasikan menyumbangkan pakaian yang tidak lagi digunakan atau tidak muat daripada menumpuknya di atas satu sama lain. 

Untuk mengatasinya, Robyn menyarankan mengisi ruang penyimpanan yang terpasang pada bagian atas lemari dengan pakaian acara khusus dan pakaian musiman.

Sekali lagi, atur semuanya dengan rapi dan mudah diakses dengan menggunakan kubus penyimpanan berlabel. 

Tidak mengatur ruang gantung dengan benar

Robyn menjelaskan, 99 persen kliennya mengaku tertarik pada pakaian di gantungan ketika di toko ritel karena bisa melihatnya jelas.

Dengan mengingat hal itu, dia menyarankan mengatur lemari pakaian seperti yang dilakukan toko. Ini berarti berinvestasi dalam gantungan yang semuanya sama dan mengatur pakaian sesuai dengan jenisnya. 

Jika ingin lebih terorganisir, Anda bahkan dapat mengatur berdasarkan jenis dan warna. Pertimbangkan juga gaya ruang gantung saat memikirkan cara memajang pakaian dan jenis gantungan apa.

Misalnya, jika memiliki bagian gantung ganda, lipat celana panjang di atas gantungan untuk memperpendek panjangnya serta gunakan gantungan klip untuk celana pendek atau rok.

Sepatu diletakkan tidak terlihat 

Lemari pakaian biasanya juga digunakan untuk menyimpan beberapa sepatu, khususnya sepatu pesta atau musiman. Sayangnya, sepatu sering kali tidak terlihat, yang akhirnya membuat lemari berantakan saat mencarinya.

Tergantung pada tata letak lemari pakaian, Robyn merekomendasikan menyimpan sepatu pada rak yang lebih tinggi dari bawah. 

“Jika menggunakan rak pakaian sebagai rak sepatu, letakkan pasak belakang rak lebih tinggi daripada bagian depan, yang akan memberi Anda kemiringan,” sarannya.

“Alternatifnya adalah meletakkan rak sepatu yang dapat diperluas di bagian bawah pakaian yang digantung," tambah Robyn. 

Tujuannya, memastikan semuanya berada di tempat yang dapat diihat.

https://www.kompas.com/homey/read/2022/01/14/135200876/5-kesalahan-yang-membuat-lemari-pakaian-berantakan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke