Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

6 Tanaman Tropis yang Bisa Tumbuh di Dalam Ruangan

Tak hanya itu, beberapa tanaman hias tropis juga terkenal karena memiliki bunga yang memukau serta daunnya yang besar, berpola, atau beraneka ragam. 

Meski biasa hidup di tempat dengan sinar matahari penuh, sebagian tanaman tropis bisa ditanam atau tumbuh di dalam ruangan, baik di ruang tamu, kamar mandi, maupun kamar tidur. 

Melansir dari The Spruce, Selasa (4/1/2022), berikut tanaman tropis yang dapat ditanam di dalam ruangan. 

Tanam anthurium pada tanah pot yang subur dan gembur serta pastikan akarnya tidak terlalu lembap. Tanaman anthurium menyukai cahaya tidak langsung yang terang serta hindari sinar matahari penuh

Bromeliad (Bromeliaceae)

Bromeliad bisa dibilang tanaman tropis yang paling mudah tumbuh dari semua tanaman tropis lainnya. Bromeliad mudah beradaptasi untuk tumbuh dalam pot dan jauh lebih toleran daripada banyak tanaman sejenis yang berdaun subur.

Tanaman hias bromeliad datang dalam beragam warna dan tekstur serta dapat ditanam dalam tanah pot yang cepat kering, yang terdiri atas tanah gambut dan pasir.

Tanaman tropis ini menyukai cahaya terang yang tidak langsung serta memerlukan air setiap minggu, tetapi hindari genangan air. 

Tanaman juga sangat mudah dan cepat tumbuh di dalam ruangan. Meski demikian, tanaman burung cendrawasi harus dibuahi setiap minggu dan disimpan dalam pot.

Tanaman ini dapat tumbuh mencapai 1,8 meter dan membutuhkan tiga hingga lima tahun pertumbuhan sebelum berbunga. Bird of paradise membutuhkan cahaya terang dengan sinar matahari langsung serta tanah lembap. 

Cordyline (C. terminalis)

Cordyline identik dengan daerah tropis dan dikenal sebagai pohon Ti atau pohon HawaiianTi. Tanaman tropis ini mempunyai dedaunan yang berani dan berwarna-warni. 

Dengan perawatan tepat, cordyline dapat memberikan aksen dramatis.  Cordyline membutuhkan lokasi hangat, bebas angin, campuran pot berkualitas tinggi yang dikeringkan dengan baik dengan pH 6 hingga 6,5, serta pemberian nutrisi secara mingguan.

Selain itu, cordyline membutuhkan cahaya terang yang tidak langsung serta jaga agar tanahnya tetap lembap, kecuali pada musim dingin. 

Namun, hindari tanaman peace lily dari sinar matahari langsung dan jaga suhu di atas 4,4 derajat Celsius. Peace lily juga menyukai sinar matahari sedang dan tidak langsung.

Namun, tanaman tropis ini beracun bagi hewan peliharaan dan anak-anak sehingga perlu menjauhkannya. 

Anggrek

Anggrek adalah tanaman hias paling beragam dari semua kelompok tanaman. Anggrek datang dari seluruh dunia, dari gurun, hutan, hingga hutan tropis.

Namun, anggrek yang paling disukai orang berasal dari iklim tropis dan subtropis. Anggrek berbunga adalah tanaman tropis klasik.

Hindari udara kering, panas, atau angin langsung, dan sinar matahari langsung dari anggrek. Sebaliknya, sediakan lingkungan lembap yang hangat.

https://www.kompas.com/homey/read/2022/01/04/071700376/6-tanaman-tropis-yang-bisa-tumbuh-di-dalam-ruangan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke