Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Simak, Cara Menghilangkan Bau Kapur Barus pada Lemari Pakaian

JAKARTA, KOMPAS.com - Kapur barus atau kamper sering diletakkan di dalam lemari untuk membasmi ngengat yang bisa merusak pakaian. Akan tetapi, bau kapur barus terkadang menempel di dalam lemari dan sulit untuk hilang.

Dikutip dari Martha Stewart, Rabu (29/12/2021), kapur barus dibuat dari salah satu pestisida beracun, yaitu naftalena atau paradiklorobenzena.

"Bahan kimia ini bekerja dengan mengubah dari padatan menjadi uap yang berbau," kata Kari Warberg Block, pendiri EarthKind, perusahaan produsen pencegah serangga nabati.

Ketika terhirup berulang kali, bahan kimia ini dapat memicu sakit kepala, mual, pusing, dan bahkan anemia. Lebih buruk lagi, bau kapur barus dapat dengan mudah menempel di serat furnitur kayu, memicu bau yang bisa bertahan selama bertahun-tahun.

Namun, jangan khawatir. Berikut cara menghilangkan bau kapur barus pada lemari pakaian. 

1. Penyerapan

Tinggalkan mangkuk berisi pasif kucing, cuka putih, atau bubuk kopi di laci atau kompartemen lemari pakaian.

"Arang aktif juga merupakan penyerap kuat yang dijual dalam kantong kecil di toko-toko perlengkapan rumah," jelas Warberg Block.

Arang aktif bekerja dengan menjebak bau di dalam lemari, menghilangkannya secara alami.

2. Udara segar dan panas

Bersama-sama, mereka dapat mengangkat aroma yang tidak diinginkan dari kayu. Jika Anda bisa, bawa lemari ke luar rumah pada hari yang cerah dan lepaskan laci atau kompartemen.

"Panas akan mempercepat proses sublimasi, mengubah partikel kapur barus yang tersisa menjadi gas yang dapat hanyut," terang Warberg Block.

Ventilasi ruang luar atau garasi akan mencegahnya mengendap di permukaan lunak lain di rumah. Jika lemari tidak dapat dipindahkan dengan mudah, coba buka jendela di ruangan tempat lemari tersebut berada.

Kemudian, arahkan pengering rambut dari jarak yang aman selama 15 hingga 30 menit setiap hari selama hingga tiga hari. Untuk cara ini, pakai masker untuk meminimalkan inhalasi asap.

3. Abrasi

Jika strategi di atas tidak berhasil, upaya terakhir Anda adalah dengan mengampelas semua permukaan eksterior dan interior lemari dengan ringan, termasuk laci dan rak.

Meskipun metode ini paling memakan waktu, namun dapat bekerja dengan baik dengan secara fisik mengupas potongan partikel bau. Setelah selesai, penting untuk menyegel atau mengecat ulang permukaan lemari.

https://www.kompas.com/homey/read/2021/12/29/122000276/simak-cara-menghilangkan-bau-kapur-barus-pada-lemari-pakaian

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke