Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

6 Ide Menghadirkan Kolam Renang Kecil di Halaman Belakang Rumah

JAKARTA, KOMPAS.com - Memiliki kolam renang di rumah dengan lahan terbatas barangkali mustahil. Namun, meskipun Anda memiliki halaman belakang rumah yang sempit, ternyata Anda masih bisa menghadirkan kolam renang.

Dilansir dari Living Etc, Kamis (23/12/2021), dengan perhitungan yang cermat, Anda tidak perlu mengorbankan semua lahan halaman belakang rumah untuk menambahkan kolam renang.

Sebuah kolam renang kecil biasanya berukuran sekitar 1 meter persegi. Bahkan ukuran kolam renang bisa lebih kecil jika Anda hanya ingin kolam kecil untuk mendinginkan diri.

"Jika Anda memiliki taman kecil, ada berbagai pilihan untuk menambahkan fitur rekreasi air, dan kelebihannya adalah bahkan jika Anda perlu memilih kolam kecil, itu tidak berarti Anda dibatasi untuk menggunakannya sebagai kolam renang kecil," kata SPATA (Swimming Pool and Allied Trades Association).

Menurut SPATA, tidak ada aturan bahwa kolam renang harus berukuran persegi panjang. Selain itu, tidak ada aturan pula bahwa kolam renang harus simetris.

"Jika Anda memiliki ruang taman yang canggung, kolam dapat dibuat agar pas di dalamnya. Jika taman panjang tetapi tidak terlalu luas, Anda dapat memiliki kolam yang dirancang untuk berfungsi sebagai jalur berenang secara efektif," jelas SPATA.

Kolam renang berbentuk lingkaran juga dapat diaplikasikan di halaman rumah sempit, namun tetap menjadi elemen desain rumah yang bagus. Kolam renang lingkaran cocok di halaman belakang kecil dan sangat cocok untuk sudut.

Berikut beberapa ide untuk menghadirkan kolam renang di halaman belakang rumah Anda.

1. Kolam renang panjang dan ramping

Jika rumah Anda memiliki halaman belakang kecil yang sempit, sebenarnya tidak bisa lebih mudah untuk menambahkan kolam renang. Penting untuk dipikirkan bahwa kolam renang, terutama di ruang yang lebih kecil tidak perlu disembunyikan, tidak terlihat.


Sebaliknya, kolam renang harus menjadi fitur utama halaman belakang, bekerja dengan hardscaping dan lansekap di sekitarnya.

2. Kolam renang sebagai elemen desain halaman belakang

Di halaman belakang kecil, kolam renang perlu bekerja keras. Anda akan dapat melihatnya dari semua sudut sehingga harus dekoratif dan juga fungsional.

Dengan menghindari ubin biru yang biasanya identik dengan kolam renang, kolam renang kecil hampir terlihat seperti fitur air, dengan airnya yang tenang mencerminkan taman yang mengelilinginya.

Ini benar-benar membuat halaman belakang kecil tampak lebih besar karena tidak merusak teras dan memantulkan lebih banyak cahaya di sekitar ruangan.

3. Jadikan kolam renang sebagai fitur air

"Taman terbaik semuanya dimulai dengan fokus sederhana internal dan eksternal. Inilah yang menciptakan kemudahan dan keanggunan tata letak desain," kata arsitek lansekap Janice Parker.

"Saya suka menambahkan fitur air di kolam, sesuatu untuk menarik perhatian Anda dan membuat ruang mengundang dan santai," imbuh Parker.

4. Gunakan ubin warna gelap

Jangan memilih ubin warna biru tradisional, sebaliknya gunakan ubin warna gelap yang dramatis. Ini sangat ideal untuk kolam kecil.

Sama seperti kamar tidur atau ruangan lainnya di rumah, menggunakan warna gelap dapat memperluas ruang dan membuatnya terlihat lebih besar dan lebih dalam.

5. Gaya industrial minimalis

Dikelilingi oleh dinding beton dan lempengan batu, halaman rumah kecil dapat dilengkapi dengan kolam renang persegi panjang. Desain sederhana ini sangat cocok dengan gaya minimalis dan industrial.

Di samping itu, lihat juga posisinya. Penempatan kolam renang kecil dapat membuat semua perbedaan ketika luas persegi terbatas.

6. Pilih desain kolam renang lingkaran

Jika halaman belakang Anda memiliki nuansa pedesaan yang lebih alami, menghadirkan kolam renang persegi di tengahnya tidak akan berhasil. Sebaliknya, gunakan pendekatan yang lebih lembut dengan kolam renang lingkaran.

Berapa sebaiknya ukuran kolam di halaman belakang kecil?

"Tidak ada ukuran minimum untuk kolam renang kecil," ujar Parker.

Dia menjelaskan, untuk kolam renang kecil, ia merekomendasikan panjang 4-6 meter dengan lebar 1-2 meter. Anda tentu ingin dapat sepenuhnya memanjangkan tubuh orang dewasa dengan nyaman.

Anda juga dapat memilih kolam renang dengan ukuran 2 x 2 meter, yang cocok dengan halaman belakang sempit. Selain itu, bisa juga ukuran kolam renang 1,5 x 3 meter.

https://www.kompas.com/homey/read/2021/12/23/181600876/6-ide-menghadirkan-kolam-renang-kecil-di-halaman-belakang-rumah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke