Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Mudah, 3 Cara Membuat Lilin Lebih Tahan Lama

JAKARTA, KOMPAS.com - Menyalakan lilin sejak lama dilakukan ketika ada kondisi tanpa pencahayaan, misalnya saat listrik padam. Namun, kini lilin juga digunakan untuk mendorong relaksasi, yakni dengan lilin aromaterapi.

Alangkah baiknya jika kita bisa menyalakan lilin dan tidak perlu khawatir lilin meleleh. Ini tentu menguntungkan secara finansial, sebab jika lilin mudah meleleh, maka Anda membutuhkan lebih banyak uang untuk membeli lilin.

Dilansir dari Taste of Home, Selasa (7/12/2021), berikut adalah beberapa cara membuat lilin lebih tahan lama dan tidak mudah meleleh.

1. Tempatkan lilin di freezer

Ini mungkin terdengar konyol, tetapi cara ini akan membantu meningkatkan umur lilin dalam jangka panjang. Pada dasarnya, menempatkan lilin di dalam freezer membantu membekukan lilin yang menyebabkannya meleleh lebih lambat.

Semakin tipis lilin, semakin sedikit waktu yang dihabiskan di dalam freezer.

Lilin yang lebih tebal mungkin membutuhkan antara enam hingga delapan jam, sementara lilin yang tipis dan runcing mungkin hanya membutuhkan sekitar satu jam.

2. Taburkan garam ke lilin cair

Nyalakan lilin cukup lama untuk mengumpulkan sedikit kumpulan lilin di sekitar sumbu, lalu bersiaplah untuk bekerja dengan cepat. Ambil sedikit garam meja dan taburkan ke dalam lilin.


Anda bahkan dapat mencampur dengan tusuk gigi untuk menggabungkan secara menyeluruh.

Mengapa garam meja? Ini akan memperlambat laju pencairan lilin, sehingga meningkatkan umur lilin favorit Anda. Jangan ragu untuk menggabungkan kedua metode untuk meningkatkan total masa pakai lilin.

Jangan lupa juga untuk selalu rapikan sumbun lilin. Ini mencegah sumbu lilin menjamur dan sumbu yang lebih panjang cenderung mempercepat proses pembakaran.

3. Biarkan lilin terbakar

Dengan membiarkan lilin menyala lebih lama, Anda akan mendapatkan kumpulan lilin panas di sekelilingnya yang seharusnya mencapai diameter wadah atau gelas kaca.

https://www.kompas.com/homey/read/2021/12/07/083200676/mudah-3-cara-membuat-lilin-lebih-tahan-lama

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke