Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

5 Cara Membersihkan Setrika agar Tidak Merusak Pakaian

JAKARTA, KOMPAS.com - Menyetrika bertujuan untuk menghilangkan kerutan pada pakaian dan membuatnya rapi. Namun, karena seringnya pemakaian, terkadang muncul noda cokelat atau bau aneh pada pakaian yang disetrika.

Jika ini yang terjadi, maka sudah saatnya Anda membersihkan setrika. Jangan sampai menunggu hingga pakaian Anda bernoda atau rusak karena setrika yang kotor atau berkerak.

Dilansir dari Reader's Digest, Sabtu (4/12/2021), para ahli merekomendasikan untuk membersihkan setrika Anda sekali atau dua kali setahun. Akan tetapi, jika Anda sering menggunakan setrika, bersihkan setiap bulan.

Kerak, mineral dari air sadah, dan serat dari kain yang Anda setrika dapat menempel pada tapak setrika, panas membakarnya, menyebabkan bekas hangus, karat, dan kotoran berwarna cokelat atau hitam.

Residu ini dapat menyebabkan setrika bekerja kurang efisien dan lebih banyak merugikan daripada menguntungkan. Parahnya, bisa memicu kebakaran.

Ada beberapa cara membersihkan setrika dengan bahan-bahan yang sudah ada di rumah. Berikut penjelasannya.

1. Cara membersihkan setrika dengan kertas koran dan garam

Tekstur garam yang kasar bertindak seperti amplas untuk menghilangkan bekas dan kotoran. Selain itu, Anda membutuhkan kertas koran sebagai alas.

Caranya, atur setrika Anda menjadi hangat. Tempatkan selembar kertas koran di papan setrika.

Taburkan selapis tipis garam di atas koran. Cepat jalankan setrika hangat di atas garam dengan gerakan melingkar.


Ulangi, tambahkan lebih banyak garam sesuai kebutuhan. Selanjutnya, cabut steker setrika dan biarkan dingin sepenuhnya.

Gunakan kain mikrofiber yang lembap untuk menghilangkan sisa kotoran dan garam dari setrika.

2. Cara membersihkan setrika dengan soda kue

Sebagai bahan pembersih serbaguna yang aman dan alami, soda kue memiliki begitu banyak kegunaan yang mengejutkan, termasuk membersihkan setrika. Caranya, buat pasta dengan mencampurkan dua bagian baking soda dengan satu bagian air.

Lapisi tapak setrika dengan pasta soda kue. Berhati-hatilah untuk tidak memasukkannya ke dalam lubang uap.

Biarkan selama beberapa menit, lalu gosok dengan sikat gigi bersih. Gunakan kain mikrofiber basah untuk membersihkannya.

3. Cara membersihkan setrika dengan cuka

Cuka adalah pembersih serbaguna yang dapat digunakan untuk membersihkan setrika. Gunakan sendiri jika setrika Anda menunjukkan tanda-tanda korosi, seperti noda karat, yang dapat disebabkan oleh air yang tertinggal.

Atau, gunakan cuka dengan soda kue untuk menghilangkan hampir semua penumpukan kotoran dan kerak pada tapak setrika.

Untuk membersihkan korosi atau karat pada setrika, rendam handuk atau kain lap bersih dalam cuka. Letakkan setrika Anda, dengan tapak setrika menghadap ke bawah, di atas handuk.

Biarkan selama 30 menit. Kemudian, bersihkan setrika.

Untuk membersihkan noda gosong pada tapak setrika, basahi kain mikrofiber bersih dengan cuka. Bersihkan bekas hangus dengan kain lembap.

Gunakan bagian kain yang bersih untuk terus menyeka bekasnya sampai hilang.

4. Cara membersihkan setrika dengan soda kue dan cuka

Soda kue dan cuka adalah bahan pembersih serbaguna yang wajib dimiliki di rumah. Keduanya merupakan kombinasi yang kuat dan aman untuk membersihkan berbagai permukaan, termasuk setrika.

Buat pasta dengan mencampurkan cuka dan soda kue (atau garam) dengan perbandingan yang sama. Celupkan kain mikrofiber bersih ke dalam pasta.

Gunakan kain untuk menggosok pasta dalam lingkaran kecil di sekitar tapak setrika. Celupkan kain mikrofiber bersih lainnya ke dalam air suling (ini sangat penting jika Anda memiliki air sadah) dan bersihkan pasta sampai setrika bersih.

5. Cara membersihkan setrika dengan pasta gigi

Karena bahan abrasif yang digunakan untuk membersihkan gigi, pasta gigi adalah pilihan yang baik untuk membersihkan noda gosong pada tapak setrika. Untuk hasil terbaik, Anda mungkin perlu menggunakan pasta gigi yang mengandung soda kue.

Gunakan kapas untuk mengoleskan sedikit pasta gigi putih polos ke bekas hangus. Cobalah untuk menghindari pasta gigi masuk ke lubang uap.

Bersihkan pasta dengan kain mikrofiber basah. Jika pasta gigi masuk ke lubang uap, isi tangki air dengan air suling, letakkan setrika dalam posisi tegak di atas handuk di papan setrika, dan setel setrika ke uap.

Biarkan selama beberapa menit. Kemudian tahan tombol uap selama sekitar 20 detik untuk melepaskan pasta gigi.

Lap dengan kain lembap dan ulangi sampai uap mengalir bebas.

https://www.kompas.com/homey/read/2021/12/04/071800076/5-cara-membersihkan-setrika-agar-tidak-merusak-pakaian

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke