Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Mudah, Begini 7 Cara Membuat Pupuk Sendiri untuk Tanaman Anda

JAKARTA, KOMPAS.com - Memberi pupuk penting untuk menjaga kelangsungan hidup dan kesehatan tanaman. Pupuk tanaman dapat berupa pupuk alami dan pupuk kimia.

Jika Anda ingin memberi pupuk pada tanaman tanpa perlu mengeluarkan uang untuk membeli pupuk kimia, Anda bisa membuat pupuk sendiri. Pupuk alami ini terbuat dari bahan-bahan yang sudah ada di rumah, termasuk sampah dapur.

Dilansir dari The Spruce, Selasa (30/11/2021), berikut beberapa cara membuat pupuk sendiri untuk tanaman Anda.

Namun demikian, baca instruksi dengan seksama untuk menentukan apakah pupuk tertentu tepat untuk kebutuhan Anda.

Misalnya, beberapa pupuk buatan sendiri tidak boleh digunakan di tanah asam, sementara yang lain tidak boleh digunakan di tanah basa.

Perlu diingat pula bahwa Anda tidak memerlukan semua bahan dalam daftar bahan dan alat berikut.

Pilih pupuk buatan sendiri yang ideal dan baca instruksi tersebut untuk menentukan mana yang Anda perlukan untuk tanaman Anda.

1. Membuat pupuk dari garam epsom

Larutkan 1 sendok makan garam epsom dalam sekitar 3 liter air. Kocok larutan secara menyeluruh.

Gunakan larutan tersebut untuk menyirami tanaman. Siram tanaman dengan larutan ini sebulan sekali selama musim tanam.

Garam epsom mengandung magnesium dan sulfat, keduanya nutrisi tanaman yang vital. Beberapa tanaman yang menyukai magnesium untuk mencobanya termasuk tanaman hias, mawar, cabai, tomat, dan kentang.

Gunakan pupuk ini sebagai pengganti pupuk mawar, pupuk nabati, atau pupuk tanaman hias.

2. Membuat pupuk dari ampas kopi

Lapisi kertas minyak kue dengan koran. Sebarkan ampas kopi bekas di atas lapisan, dan biarkan hingga benar-benar kering.

Taburkan tanah di sekitar pangkal tanaman yang menyukai asam. Pupuk ini bekerja karena ampas kopi kaya akan nitrogen, magnesium, dan potasium, nutrisi tanaman yang sangat penting.

Mereka juga secara alami bersifat asam, sehingga dapat membantu Anda meningkatkan keasaman tanah. Azalea, mawar, rhododendron, dan blueberry adalah beberapa tanaman yang akan mendapat manfaat dari pupuk ini.

Gunakan pupuk sebagai pengganti pupuk mawar dan pengasaman tanah.

3. Membuat pupuk dari cangkang telur

Simpan cangkang telur dan biarkan mengering. Tempatkan cangkang telur kering dalam blender dan denyut sampai halus.

Taburkan bubuk cangkang di sekitar tanaman di kebun. Pupuk ini bekerja dengan baik karena cangkang telur hampir seluruhnya terdiri dari kalsium karbonat, yang bahan utama dalam kapur pertanian.


Gunakan pupuk ini sebagai pengganti jeruk nipis di kebun.

4. Membuat pupuk dari cuka

Campurkan 1 sendok makan cuka putih dan air. Gunakan larutan tersebut untuk menyirami tanaman Anda, ulangi setiap tiga bulan.

Pupuk ini berhasil karena asam asetat dalam cuka berfungsi untuk meningkatkan keasaman tanah, namun hanya untuk tanaman yang menyukai asam.

Gunakan pupuk ini sebagai pengganti pupuk tanaman hias, pupuk mawar, dan pengasaman tanah.

5. Gunakan air akuarium sebagai pupuk

Cukup simpan air akuarium saat berikutnya Anda membersihkan akuarium. Gunakan sesering mungkin untuk menyirami tanaman apa pun.

Cara ini berhasil karena air akuarium ikan penuh dengan nitrogen dan nutrisi lain yang dibutuhkan tanaman untuk berkembang. Ini dapat digunakan sebagai pengganti jenis pupuk lainnya.

6. Pupuk dari abu bakaran kayu

Taburkan abu bakaran kayu yang sudah kering pada permukaan tanah tanaman. Abu bakaran kayu kaya akan kalium dan kalsium karbonat.

Jika tanah Anda terlalu asam, ini akan membantu menyeimbangkan pH, sehingga tanaman lebih mampu menyerap nutrisi yang ada di dalam tanah. Gunakan sebagai pengganti pupuk taman dasar dan kapur taman.

7. Cara membuat kompos sendiri

Simpan sisa buah dan sayuran, koran, potongan rumput, dan bahan kompos lainnya. Gunakan mereka untuk memulai membuat kompos.

Tambahkan sedikit air secara perlahan, dan aduk tumpukan untuk mempercepat proses pengomposan. Ketika semuanya telah terurai menjadi tanah yang gelap dan subur, inilah saatnya untuk menyebarkannya di kebun.


Kompos sarat dengan nutrisi dan mikroorganisme yang baik untuk tanaman. Ini adalah pupuk organik terbaik yang dapat digunakan di mana saja di kebun.

https://www.kompas.com/homey/read/2021/11/30/121800476/mudah-begini-7-cara-membuat-pupuk-sendiri-untuk-tanaman-anda

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke