Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

6 Ras Anjing Terkuat yang Bisa Membantu Pekerjaan Manusia

Mulai dari, berburu, bertani, menggembala, hingga pekerjaan menantang lainnya. Anjing-anjing ini adalah ras kuat dengan kecerdasan dan daya tahan tinggi untuk menyelesaikan pekerjaan. 

Tak heran, kini, ras anjing ini dipilih untuk membantu tugas manusia yang lebih besar seperti menjadi anjing polisi dan militer atau anjing pelacak, anjing penjaga, serta anjing pencari dan penyelamat.

Anjing-anjing ini memiliki bakat alami dan menjalani pelatihan intensif. Beberapa di antaranya termasuk dalam kelompok Working or Herding American Kennel Club. 

Melansir dari The Spruce Pets, Kamis (18/11/2021), berikut enam ras anjing terkuat yang bisa membantu pekerjaan manusia.  

Untuk melakukan pekerjaan mereka, Rottweiler harus sangat besar dan kuat. Rottweiler masa kini masih cenderung menyenggol benda, hewan lain, dan manusia.

Rottweiler bisa menjadi anjing keluarga yang hebat, tetapi tidak direkomendasikan untuk keluarga dengan orang tua atau keluarga dan anak kecil.

Hal ini tak lain karena Rottweiler sangat kuat dan dorongan mereka dapat menggulingkan orang yang lemah fisik.  

Great Dane awalnya dibiakkan untuk memburu babi hutan yang kuat. Seiring waktu, great dane menjadi anjing pengawas dan sahabat keluarga.

Saat menjadi anjing keluarga yang populer, peternak secara selektif membiakkan kepribadian Great dane yang tangguh dan berburu menjadi anjing yang lembut serta manis yang kita kenal sekarang. 

Sekitar 3.000 tahun lalu, suku nomaden Chukchi di Siberia pertama kali membiakkan anjing Chukchi untuk menarik kereta luncur berburu mereka yang berat melintasi jarak jauh.

Selain kekuatan kasar, anjing Chukchi memiliki bulu yang sangat tebal untuk menahan dingin dan metabolisme menakjubkan.

Anjing-anjing ini bisa terus-menerus menarik kereta luncur dengan sedikit makanan. Siberian husky adalah keturunan langsung dari anjing Chukchi dan masih memiliki kekuatan, kecepatan, juga daya tahan yang luar biasa. 

Sesuai dengan namanya, ras anjing ini berasal dari Jerman sebagai anjing pemburu dan penggembala.

Karena atletis dan memiliki kecerdasan besar, German shepherds saat ini sering menjadi anjing yang membantu tugas kepolisian dan militer serta anjing penolong mencari korban-korban kecelakaan atau bencana.

Kepribadiannya yang manis dan penuh kasih menjadikan German shepherds sebagai anjing keluarga yang luar biasa. 

Di Inggris pada abad ke-13, Bulldog digunakan dalam olahraga mengerikan yang dikenal sebagai umpan banteng. Selama pertandingan ini, mereka akan melawan banteng yang jauh lebih besar dan kuat.

Saat itu, bulldog memiliki kepribadian yang agresif dan garang—jauh dari bulldog yang manis dan tenang saat ini.

Ketika olahraga umpan banteng dilarang, peternak bulldog melunakkan kepribadian keras mereka dan berhasil menghasilkan anjing pendamping yang lembut dan penuh kasih yang kita kenal sekarang.  

Ras anjing ini berasal lebih dari 1.000 tahun lalu. Ras anjing ini memiliki indera penciuman yang tajam dan kekuatan kasar yang telah menyelamatkan ribuan orang dari medan bersalju.

Hari ini, Saint Bernard biasanya dijadikan sebagai anjing pendamping dan anjing pelayan yang sangat baik karena kesetiaan, kasih sayang, serta perlindungan mereka terhadap keluarga yang merawatnya. 

https://www.kompas.com/homey/read/2021/11/18/094500876/6-ras-anjing-terkuat-yang-bisa-membantu-pekerjaan-manusia

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke