Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ingin Mengganti Pintu? Ini Ukuran Ideal untuk Setiap Ruangan

Membeli pintu dengan ukuran standar akan menghemat waktu dan uang dibanding pintu yang dipesan khusus atau custom. 

Namun, karena setiap rumah memiliki gaya, ukuran, dan usia yang bervariasi, sulit untuk mengidentifikasi ukuran standar tunggal untuk pintu interior atau eksterior.

Untungnya, ada pedoman ukuran umum untuk jenis pintu secara umum. Jika ingin mengganti pintu, ukur pintu yang ada saat ini.

Namun, apabila ingin menambahkan pintu, disarankan mengukur bukaan kasarnya. Untuk menjamin kecocokan yang tepat, mintalah seorang profesional untuk mengukurnya sebelum memesan pintu. 

Melansir dari Hunker, Kamis (11/11/2021), berikut sejumlah ukuran ideal pintu di setiap ruangan. 

Bagaimana mengukur pintu? 

Untuk mengetahui apakah pintu berukuran standar, Anda perlu mengukurnya. Mulailah dengan mengukur tinggi dan lebar pintu, kemudian ukur ketebalan atau kedalaman pintu.

Penting juga mengukur lebar kusen pintu serta tinggi dan lebar kusen. (Pengukuran ini tidak termasuk trim di sekitar pintu. Berikan juga pengukuran "kasar" untuk pintu baru.

Ini berarti menambahkan sekitar lima sentimeter pada lebar pintu dan ketinggian bukaan pintu. 

Namun, pintu masuk yang lebih modern bisa sesempit 76 atau 81 sentimeter dan tinggi 2,4 meter. Fiberglass dan pintu baja memiliki tinggi dua meter atau 2,4 meter. Ketebalan pintu juga dapat bervariasi tergantung pada material yang digunakan. 

Rumah yang dibangun lebih dari 50 tahun lalu atau rumah dengan sentuhan akhir khusus mungkin tidak menggunakan ukuran pintu standar.

Saat ini, pintu depan juga dapat dirancang sebagai satu set pintu ganda, yang menciptakan pintu dua kali lebih lebar dari pintu standar. 

Pintu ini juga disukai karena membawa banyak cahaya alami ke dalam rumah. Mereka mudah dibuka saat meluncur dalam gerakan paralel dengan yang satu bergerak di belakang yang lain.

Pintu kaca geser adalah cara mudah mengakses teras atau dek. Ukuran standarnya adalah tinggi 1,8 meter 8 inci kali lebar 1,8 meter. 

Namun, ukuran umum lainnya termasuk tinggi 1,5 meter kali lebar 2,4 meter dan tinggi 2,4 meter kali lebar 2,4 meter. Ukuran pintu juga dapat bervariasi, tergantung pada pabriknya. 

Jenis pintu ini memiliki tinggi minimal dua meter, tetapi untuk ukuran lebarnya bervariasi, dari 60 sentimeter, 71 sentimeter, 76 sentimeter, 81 sentimeter, sampai 91 sentimeter.

Jika rumah memerlukan akses penyandang disabilitas, lebar minimum yang disarankan untuk setiap bagian pintu adalah 91 sentimeter

Ketebalan pintu interior juga bervariasi meski standarnya adalah 1 3/8 inci. Namun, jika pintu lebih lebar dari 92 sentimeter atau lebih tinggi dari 3,2 meteri, ketebalan yang disarankan adalah 13/4 inci. 

https://www.kompas.com/homey/read/2021/11/11/143100476/ingin-mengganti-pintu-ini-ukuran-ideal-untuk-setiap-ruangan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke