Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cara Memutihkan Kembali Peralatan Dapur Bahan Plastik yang Menguning

JAKARTA, KOMPAS.com - Jika ingin dapur terlihat teratur dan bersih sempurna, menjaga beragam peralatan dapur berbahan plastik putih menjadi seputih mungkin adalah kuncinya.

Namun, seiring waktu, peralatan dapur berbahan plastik putih rentan terhadap perubahan warna dan noda akibat asap, kotoran, bahkan cahaya matahari, sehingga bisa membuat dapur terlihat suram dan kotor.

Untungnya, ada metode untuk membantu membuat peralatan dapur berbahan plastik warna putih menjadi putih kembali setelah menguning.

Dilansir dari Hunker, Selasa (9/11/2021), berikut ini beberapa cara untuk membersihkan noda menguning dari peralatan dapur berbahan plastik warna putih.

Rendam ke dalam cuka

Ketika ingin menghilangkan noda kuning dari peralatan dapur berbahan plastik yang digunakan untuk menyiapkan atau menyimpan makanan, kamu mungkin tidak ingin menggunakan larutan kimia yang lebih keras.

Jika itu masalahnya, kamu dapat menggunakan rendaman cuka untuk menghilangkan noda dengan cara yang aman untuk makanan.

Ini adalah metode yang bekerja lebih baik untuk peralatan yang lebih kecil, seperti blender genggam, karena solusinya membutuhkan waktu untuk merendam dan menyerap plastik.

Dalam sebuah wadah, masukkan cuka putih dan air dengan jumlah perbandingan yang sama, misal 500 ml cuka putih dan 500 ml air.

Kemudian, masukkan peralatan dapur berbahan plastik yang menguning ke dalam larutan cuka, sampai bagian yang bernoda atau menguning benar-benar terendam.

Jika kamu tidak bisa menenggelamkan seluruhnya, periksa dan balikkan selama waktu perendamannya. Biarkan peralatan dapur plastik yang menguning meresap larutan cuka selama beberapa jam, atau semalaman jika memungkinkan.

Setelah selesai, keluarkan peralatan dapur tersebut dari larutan cuka, lalu cuci bersih dengan sabun cuci piring dan air untuk menghilangkan sisa-sisa cuka.

Gosok dengan soda kue

Metode lain yang aman untuk menghilangkan noda kuning dari peralatan plastik adalah dengan menggosoknya secara manual.

Direkomendasikan untuk menggunakan larutan sabun cuci piring dan gula, tetapi pilihan yang lebih baik adalah soda kue.

Soda kue memiliki kualitas penyerap yang dapat membantu menghilangkan mineral penyebab noda dan kotoran lainnya dari peralatan plastik, sehingga membantu mengembalikan penampilan putih cerahnya.

Campurkan soda kue dengan air untuk membuat pasta kental, lalu oleskan ke peralatan plastik menggunakan bantalan gosok nilon atau spons pencuci piring yang kasar.

Gosok peralatan plastik yang menguning secara menyeluruh, lalu biarkan pasta soda kue menempel selama beberapa menit. Bilas di bawah air mengalir dan periksa peralatan plastik yang bernoda untuk melihat tampilannya.

Kamu mungkin perlu mengulangi prosesnya untuk mencapai penghilangan noda yang lebih efektif.

Menghilangkan noda kuning menggunakan pemutih

Untuk peralatan plastik yang lebih besar seperti kulkas, mesin pencuci piring atau peralatan yang tidak bersentuhan langsung dengan makanan, kamu mungkin bisa menggunakan produk pembersih yang lebih kuat untuk menghilangkan noda kuning.

Larutan pemutih bisa sangat cepat dan efektif menghilangkan noda menguning atau penuaan pada peralaran dapur plastik putih.

Untuk cara ini, kamu harus mengencerkan pemutih untuk mencegah kerusakan pada peralatan plastik. Rasio 1 sendok makan pemutih untuk 1 cangkir air harus ideal.

Kenakan sarung tangan dan bersihkan campuran pemutih pada permukaan peralatan plastik yang sudah menguning. Diamkan beberapa saat, lalu bersihkan dengan air.

https://www.kompas.com/homey/read/2021/11/09/092000876/cara-memutihkan-kembali-peralatan-dapur-bahan-plastik-yang-menguning

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke