Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

7 Ras Anjing Terbesar di Dunia

JAKARTA, KOMPAS.com--Seperti kita tahu anjing hadir dalam berbagai ras dengan ukuran yang beragam, mulai dari yang termungil, sedang hingga terbesar.

Selama berabad-abad, anjing yang berbeda di lokasi geografis yang berbeda telah dilatih oleh manusia untuk memainkan peran tertentu, dari pemburu hingga penjaga, dari penggembala hingga pendamping.

Untuk beberapa ras ini, ukurannya memang sangat besar. Awalnya mereka dijinakkan dan dilatih untuk berburu atau menjaga rumah dengan ukurannya yang mengintimidasi.

Dari ratusan ras anjing di seluruh dunia, berikut adalah tujuh jenis anjing dengan tubuh besar seperti dilansir dari Tree Hugger, Minggu (7/11/2021).

1. Great dane

Anjing ras Great Dane diakui sebagai jenis anjing terbesar oleh American Kennel Club, setidaknya dalam hal tinggi badan. The Great Dane adalah anjing asal Jerman dan nama Jermannya Deutsche Dogge berarti mastiff Jerman.

Anjing jenis Great Dane berasal dari persilangan antara mastiff Inggris dan wolfhound Irlandia.

Meskipun mereka bukan anjing terberat, mereka termasuk yang tertinggi. Rata-rata Great Dane tingginya sekitar 71-76 cm tetapi seringkali mereka bisa lebih tinggi.

Pemegang rekor dunia untuk anjing tertinggi adalah Great Dane bernama Zeus yang tingginya 111 cm.

Anjing-anjing besar ini seringkali tak memiliki umur panjang dan hidup antara 6 hingga 8 tahun. Zeus meninggal karena usia tua di usianya yang baru 5 tahun.

Anjing Deerhound Skotlandia memiliki kaki panjang persis seperti rusa. Anjing ini berasal dari Skotlandia.

Jauh sebelum sejarah tercatat, trah ini adalah anjing pemburu, pernah digunakan untuk berburu rusa merah dan dengan mudah mengejar mangsanya.

Mereka lebih besar dan lebih berat dari anjing greyhound tetapi memiliki ciri dan tubuh yang sama, dengan tubuh kurus yang bisa membuatnya lari dengan cepat. 

Deerhound dapat berdiri setinggi 81 cm dan beratnya mencapai 49 kg. Meskipun mereka tidak digunakan untuk berburu rusa di masa kini, trah ini tetap hidup oleh para penggemar yang menggunakannya untuk pertunjukan dan di beberapa tempat.

Seperti deerhound Skotlandia, wolfhound Irlandia dibiakkan untuk menjadi pemburu, dan memang awalnya digunakan untuk mengejar serigala.

Dikembangkan dari anjing perang menjadi anjing yang digunakan untuk berburu dan menjaga, anjing serigala Irlandia kuno dan mungkin telah dibawa ke Irlandia sejauh 7000 SM.

Meskipun penggunaan utama mereka adalah berburu, anjing ini cukup pendiam namun cerdas dan santai.

Anjing wolfhound Irlandia adalah yang tertinggi dari semua anjing, bahkan Great Dane. Menurut standar breed, tinggi minimum harus 81 cm untuk jantan dan 76 cm untuk betina. Itu hanya tinggi minimal.

Anjing wolfhound Irlandia bahkan memiliki tubuh yang hampir sama dengan keledai.

4. Dogue de Bordeaux

Dogue de Bordeaux memiliki beberapa nama lain, termasuk mastiff Bordeaux, mastiff Prancis, dan Bordeauxdog.

Dogue de Bordeaux tingginya antara 58-68 cm dan beratnya antara 56-68 kg. Anjing ini dlaporkan 


memiliki kepala terbesar dari semua anjing dalam kaitannya dengan ukuran tubuh.

Tidak seperti mastiff Neapolitan, Bordeauxdog telah digunakan lebih dari sekadar menjaga rumah dan peternakan. Anjing-anjing ini juga digunakan untuk segala hal mulai dari mengawasi kawanan hingga menarik gerobak.

Secara historis ia adalah anjing pekerja sejati. Anjing ras ini aktif dan energik di luar ruangan, tetapi begitu di dalam ruangan ia sangat lembut.

Sebaliknya, tujuannya awalnya adalah untuk membantu nelayan. Anjing-anjing besar dan berotot mampu menarik jaring dan tali dari perahu, menarik gerobak, dan yang paling penting, mengambil apa pun yang jatuh ke laut, termasuk manusia. Trah ini adalah anjing air yang luar biasa dan perenang yang kuat, dan ada banyak orang yang diselamatkan di laut karena anjing besar dan lembut ini.

Anjing Newfoundland tingginya antara 68-76 cm dan beratnya mencapai 68 kg. Mereka terlihat lebih besar karena mantel ganda tebal yang membuat mereka tetap hangat bahkan di air es.

English mastiff adalah salah satu ras anjing terbesar yang diakui oleh American Kennel Club. Tumbuh hingga ketinggian 76 cm, anjing-anjing ini dapat mencapai berat hingga 113 kg.

Great Dane memegang rekor anjing tertinggi, sementara English mastiff memegang rekor terberat. Berat terbesar untuk seekor anjing yang pernah tercatat adalah mastiff Inggris bernama Aicama Zorba, yang beratnya mencapai 155 kg.

Meskipun memiliki tubuh yang besar, namun English mastiff memiliki hati yang lembut dan setia.

Mereka dapat menjadi anjing keluarga yang sangat baik karena mereka sangat santai. Jadi, jika anak-anak meminta anjing yang memiliki ukuran sebesar kuda poni, English mastiff bisa menjadi pilihan.

Saint Bernard yang terkenal dengan brandy-toting adalah ras yang awalnya dilatih di Pegunungan Alpen Swiss dan Italia utara sebagai anjing penyelamat.

Para biarawan dari Saint Bernard Hospice melatih anjing untuk penyelamatan. Anjing ini memiliki tinggi hingga 63-76 cm dan beratnya berkisar antara 63-81 kg.

Meskipun mereka awalnya digunakan sebagai anjing penyelamat untuk menemukan dan menyelamatkan para pengunjung, Saint Bernards saat ini sebagian besar adalah anjing keluarga.

Mereka terkenal lembut, penyayang, ramah, dan hebat dengan anak-anak. Mereka juga tampaknya bisa hidup berdampingan dengan anak kucing.

https://www.kompas.com/homey/read/2021/11/07/232026776/7-ras-anjing-terbesar-di-dunia

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke