Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Mengenal 4 Ras Anjing Asal Alaska yang Tangguh, Energik, dan Ramah

Kebanyakan anjing di Alaska dibiakkan untuk dijadikan anjing pekerja guna menarik kereta luncur dengan jarak cukup jauh. 

Anjing-anjing tersebut akan menarik kereta barang dan meluncur di hamparan salju dengan suhu sangat dingin, bahkan di bawah nol derajat Celsius.

Dogsledding atau kereta luncur anjing masih menjadi moda transportasi populer di sekitar lanskap yang dingin seperti pegunungan Alaska. Tak heran, wilayah dengan medan yang keras seperti itu membutuhkan anjing yang tangguh.

Ras anjing Alaska telah dilengkapi "persenjataan" yang baik untuk iklim dan medan yang keras. Anjing-anjing itu dikenal tangguh, atletis, energik, serta mampu menahan dingin. Meski begitu, ras anjing Alaska sangat bersahabat, ramah, penuh kasih, serta setia. 

Sebagian besar ras anjing Alaska memiliki fitur yang sangat mirip. Misalnya, kepala yang meruncing, telinga yang runcing tajam, dan ekor yang melengkung. Ras anjing ini juga memiliki bulu sangat tebal untuk menahan dingin serta air.

Melansir dari The Spruce Pets, Kamis (4/11/2021), berikut ini empat ras anjing yang berasal dari Alaska.

Ras anjing ini diperkirakan telah datang ke Amerika Utara pada ribuan tahun lalu ketika para pemburu melintasi Selat Bering.

Alaskan Malamute kemungkinan besar dibiakkan oleh orang-orang Mahlemiut Inuit sehingga memunculkan nama mereka. 

Anjing bertubuh besar dan kuat ini dibiakkan untuk mengangkut paket berat untuk jarak jauh. Alaskan Malamute memiliki kecepatan, daya tahan, dan kekuatan yang sangat besar.

Selain mengangkut, ras anjing Alaskan Malamute akan membantu dalam perburuan beruang dan anjing laut.

Meski terlihat energik dan besar, Alaskan Malamute cenderung lembut serta penuh kasih sayang. Mereka juga membutuhkan banyak aktivitas dan tidak cocok untuk cuaca panas karena bulunya yang tebal rentan rontok. 

Meski demikian, Alaskan husky tak kalah energik dan kuat. Mereka telah mendominasi olahraga balap kereta luncur anjing.

Husky Alaska berasal dari Siberia husky dan dikembangbiakkan dengan anjing lain untuk mencapai kecepatan, daya tahan, dan kekuatan yang lebih baik.

Ras anjing ini juga merupakan hasil persilangan umum, termasuk anjing German shorthaired Greyhound. Tak heran, Alaskan husky sangat bervariasi dalam ukuran, berat, warna bulu, juga pola.

Alaskan husky adalah pekerja keras dengan banyak energi. Mereka membutuhkan rumah yang dapat memberi banyak olahraga setiap hari,seperti lari jarak jauh atau hiking yang ketat. Mereka juga mampu membentuk ikatan erat dan setia dengan pemiliknya. 

Asal usul Alusky yang pasti tidak diketahuidan jenis ini sulit ditemukan di luar wilayah Arktik yang disebut rumahnya.

Mengadopsi kualitas dari kedua keturunan induknya, Alusky adalah anjing yang baik hati, mencintai manusia, juga berenergi tinggi.

Karena sifat penyayang mereka terhadap orang lain, Alusky tidak cocok dijadikan sebagai anjing penjaga. Mereka juga tidak suka dipisahkan dari keluarga pemiliknya.

Ras anjing Alusky yang bahagia dan menyenangkan ini cocok untuk keluarga yang aktif serta tinggal di iklim sejuk. 

Alaskan klee kai 

Meski memiliki fitur mencolok yang sama dengan ras anjing Alaska yang besar dalam daftar ini, umumnya berat Alaskan klee kai tidak lebih dari sembilan kilogram. 

Nama "klee kai" berasal dari istilah yang berarti "anjing kecil" dalam bahasa Inuit. Klee kai tidak dibiakkan untuk bekerja, melainkan untuk persahabatan.

Untuk mengembangkan jenisnya, Siberian husky disilangkan dengan anjing sejenis yang bertubuh lebih kecil, termasuk anjing American Eskimo dan Schipperke. 

Walau Alaskan klee kai tidak memiliki ukuran dan dorongan kerja yang kuat dari nenek moyangnya, anjing kecil ini masih memiliki banyak energi.

Anjing-anjing ini cenderung penyayang, suka bermain, dan cerdas, tetapi waspada terhadap orang asing. Ini membuat Alaskan klee kai cocok menjadi anjing penjaga dan setia. Namun, anjing ini membutuhkan pelatihan dan sosialisasi yang cukup. 

https://www.kompas.com/homey/read/2021/11/04/135700376/mengenal-4-ras-anjing-asal-alaska-yang-tangguh-energik-dan-ramah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke