Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Sederet Penyebab Air Keran Mengalir Kecil dan Pelan

Di rumah, air, khususnya air keran, digunakan untuk berbagai hal seperti mandi, mencuci pakaian, mengepel rumah, hingga memasak.  

Namun, air keran yang mengalir kecil dan pelan bisa membuat kesal dan menghambat pekerjaan seperti proses pengisian air menjadi begitu lama.

Lantas, mengapa air keran di rumah menjadi pelan dan kecil? 

Dilansir dari beberapa sumber, Jumat (17/9/2021), ada beberapa hal yang menyebabkan air keran pelan dan kecil. Berikut ini beberapa penyebab air keran mengalir kecil dan pelan.  

Sumber air

Apabila menggunakan air dari perusahaan daerah air minum (PDAM) solusi utamanya adalah mengajukan laporan kepada pengelola.

Jika sumber air adalah sumur dangkal, debit air yang terpengaruh suhu, tekanan, udara, cuaca, dan lokasi sumur dapat menjadi penyebabnya. 

Ketinggian toren air

Menggunakan toren air atau tangki air menjadi salah satu penyebab air keran mengalir kecil dan pelan.

Ketinggian toren air harus sesuai untuk mengalirkan air sampai titik terjauh dari instalasi pipa agar memiliki tekanan yang memadai.

Pompa

Apabila menggunakan pompa air untuk sumur dangkal tanpa toren air, pastikan pompa sesuai dengan kedalaman sumur dan dalam kondisi baik. 

Instalasi pipa

Pemasangan pipa untuk setiap rumah membutuhkan perhitungan khusus yang disesuaikan dengan beragam faktor seperti luas rumah, ketinggian toren, dan sumber air.

Penggunaan penampang pipa yang tidak sesuai dengan sistem aliran yang tidak tepat bisa menjadi penyebab air keran mengalir kecil dan pelan. 

Penumpukan kotoran

Air keran yang mengalir kecil dan pelan juga bisa disebabkan penumpukan kotoran pada dinding pipa air. Kotoran yang menumpuk ini kemudian membentuk kerak atau sedimen kotoran di sepanjang jalur pipa.

Hal ini lambat laun bisa membuat air keran mengalir kecil dan pelan hingga mampet total. 

https://www.kompas.com/homey/read/2021/09/17/155500676/sederet-penyebab-air-keran-mengalir-kecil-dan-pelan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke