Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cara Merawat Ikan Cupang agar Cepat Besar

JAKARTA, KOMPAS.com - Ikan cupang atau betta adalah salah satu ikan hias terpopuler. Ikan ini pun banyak dijadikan sebagai hewan peliharaan karena perawatannya cukup mudah.

Agar ikan cupang Anda tumbuh dengan baik dan mencapai ukuran tubuh maksimumnya, air, ukuran akuarium, makanan, dan kesehatan ikan cupang secara keseluruhan ikut berperan.

Adapun panjang pertumbuhan rata-rata untuk ikan cupang adalah 2,25 inci. Akan tetapi, memanipulasi lingkungan memungkinkan ikan cupang mencapai ukuran maksimumnya.

Dilansir dari The Nest, Kamis (2/9/2021), berikut cara merawat ikan cupang agar cepat besar.

1. Perhatikan ukuran akuarium

Tempatkan ikan cupang dalam akuarium dengan ukuran minimal 18 liter.

Toko hewan peliharaan sering menjual ikan cupang dalam wadah kecil untuk menghemat ruang, karena ikan cupang tidak dapat ditempatkan bersama dalam satu wadah, karena agresi terhadap satu sama lain.

2. Ganti air

Ganti 50 persen air setiap hari jika Anda menginginkan ikan cupang memiliki tubuh yang lebih besar. Ikan cupang mengeluarkan hormon yang menghambat pertumbuhannya.

Dengan demikian, pembuangan sebagian besar air ini sangat penting untuk pertumbuhan maksimum, menurut laman Betty Splendens. Isi ulang akuarium dengan air bersih.


3. Suhu akuarium

Pertahankan suhu akuarium antara 22 hingga 26 derajat celcius. Perubahan suhu dapat membuat ikan cupang stres, yang akhirnya menghambat pertumbuhannya.

Perubahan yang sering, atau perubahan drastis yang tiba-tiba, dapat membunuh ikan cupang.

4. Makanan ikan cupang

Beri makan ikan cupang dengan makanan tinggi protein dan serat. Cacing darah, udang tumbuk, dan vitamin sering digabungkan menjadi pelet makanan untuk membantu sistem kekebalan ikan cupang.

Beri makan ikan cupang dua hingga tiga kali sehari dan berikan hanya cukup makanan yang dapat dikonsumsi ikan cupang dalam beberapa menit.

https://www.kompas.com/homey/read/2021/09/02/080000776/cara-merawat-ikan-cupang-agar-cepat-besar

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke