Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Tips Membersihkan Noda Minyak pada Lemari Dapur

Noda minyak dari masakan yang terus-menerus didiamkan dapat semakin banyak dan sulit dihilangkan. 

Ada sejumlah cara pembersih rumahan alami yang dapat digunakan untuk membersihkan lemak dari lemari dapur, tetapi ada beberapa opsi yang harus dihindari. 

Melansir dari The Spruce, Senin (30/8/2021), berikut ini beberapa cara efektif membersihkan noda minyak pada lemari dapur.  

Air panas dan sabun cuci piring

Sabun cuci piring adalah produk berbasis alkali yang secara efektif membersihkan noda minyak. Daya pembersihan sabun cuci piring semakin efektif bila dicampur dengan air panas.

Campurkan satu atau dua semprotan sabun cuci piring penghilang lemak ke dalam ember berisi air yang sangat panas dan gunakan bantalan gosok nilon untuk menyeka noda minyak pada kabinet.

Jaga agar air tetap panas dan gosok secara pelan untuk menghindari goresan pada permukaan lemari. Bilas dan keringkan lemari setelah selesai. 

Pembersih minyak jeruk serbaguna 

Jika lemari dapar benar-benar kotor, semprotkan pembersih minyak jeruk serbaguna dan biarkan selama 10 menit.

Setelah itu, bersihkan pembersih menggunakan kain mikro yang hangat dan lembap. Seka secara lembut sampai noda minyak menghilang. 

Pembersih kayu yang mengandung lilin carnauba Brasil

Lilin carnauba adalah bahan yang biasanya ditemukan dalam pembersih dan pemoles kayu berkualitas tinggi.

Anda dapat menggunakan produk pembersih yang mengandung lilin carnauba untuk membersihkan noda minyak pada lemari dapur. 

Metode yang harus dihindari

Sementara itu, Anda beberapa metode yang harus dihindari untuk membersihkan noda minyak pada lemari seperti di bawah ini.

  • Minyak zaitun dan baking soda 

Minyak zaitun adalah minyak non-pengeringan yang akan tetap lembut pada lemari dapur, yang akan menarik debu dan akhirnya merusak permukaan lemari. 

Menurut para ahli pertukangan, hanya minyak pengering, seperti jeruk, kenari, dan minyak biji rami yang boleh digunakan untuk membersihkan kayu. Saat minyak ini mengering, mereka membentuk lapisan pelindung yang keras pada kayu. 

  • Cuka

Meski cuka adalah disinfektan alami yang fantastis, cuka mengandung asam. Jika digunakan murni atau dicampur dengan air, cuka dapat merusak lapisan kayu saat bersentuhan.

https://www.kompas.com/homey/read/2021/08/30/182648976/tips-membersihkan-noda-minyak-pada-lemari-dapur

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke