Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

7 Tanaman Indoor yang Memiliki Manfaat Kesehatan

Ada sekitar 450 ribu spesies tanaman di muka bumi, 35-70 ribu di antaranya digunakan khusus untuk pengobatan secara global. 

Tak heran, membuat banyak orang kesulitan memilih tanaman yang ingin ditanam di dalam ruangan, terutama manfaat kesehatan yang diberikannya. 

Dilansir dari Bright Side, Senin (30/8/2021), berikut ini tujuh tanaman indoor yang memiliki manfaat kesehatan dan dapat ditanam di rumah. 

Ginkgo biloba

Ginkgo biloba merupakan salah satu spesies pohon tertua yang masih hidup dan tanaman herbal yang paling banyak digunakan dalam pengobatan Cina.

Manfaat kesehatan ginkgo diyakini berasal dari kandungan antioksidan yang tinggi dan sifat anti-inflamasi yang dmilikinya. 

Studi menunjukkan bahwa kedua kandungan tersebut dapat membantu mengobatsi demensia ringan, kelelahan, dan mempengaruhi penyembuhan tulang. 

Kamomil

Meski paling sering ditemukan dalam teh, kamomil telah digunakan selama ribuan tahun untuk pengobatan.

Beberapa penelitian menunjukkan kamomil dapat mengatasi gangguan tidur, kadar gula darah, hingga kanker tiroid. 

Echinacea

Echinacea atau dikenal sebagai coneflower kaya akan antioksidan dan dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh.

Karena itu, tanaman ini dapat membantu melawan virus dan infeksi, membantu pemulihan lebih cepat, serta menghilangkan kecemasan. 

Tanacetum parthenium atau feverfew

Meski bunga tanacetum parthenium secara visual mirip dengan kamomil, kedunaya memiliki manfaat yang sangat berbeda.

Secara tradisional, tanacetum parthenium digunakan untuk mengobati demam (karena itu namanya feverfew). Namun, sampai sekarang, penelitian menunjukkan tanaman ini memiliki sifat penghilang rasa sakit dan anti-kanker. 

Jahe

Selain menambah rasa pada masakan, jahe juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Jahe dapat membantu menurunkan berat badan dan mual yang disebabkan kehamilan.

Ramuan ini merupakan sumber antioksidan yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh juga telah terbukti meredakan depresi dan kecemasan serta meningkatkan daya ingat. 

Lidah buaya

Lidah buaya adalah tanaman super populer yang telah digunakan selama ribuan tahun.

Penelitian menunjukkan lidah buaya dapat mengobati luka bakar, termasuk terbakar sinar matahari, menenangkan kemerahan pada kulit, dan menenangkan iritasi yang berhubungan dengan jerawat.

https://www.kompas.com/homey/read/2021/08/30/151500876/7-tanaman-indoor-yang-memiliki-manfaat-kesehatan-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke