Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Tips Menjaga Makanan di Kulkas Tidak Rusak Saat Mati Listrik

JAKARTA, KOMPAS.com - Anda telah berbelanja bahan makanan dalam jumlah besar untuk stok sebulan atau beberapa bulan ke depan, lalu menyimpannya di dalam kulkas. Kemudian, terjadi mati listrik.

Tentu ada kekhawatiran bahan-bahan makanan yang disimpan di dalam kulkas akan rusak, basi, atau busuk karena tidak ada pasokan listrik yang membuat kulkas dingin. Lalu, apa yang harus dilakukan?

Dikutip dari Family Handyman, Selasa (24/8/2021), berikut beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk menjaga makanan di kulkas tidak rusak saat terjadi pemadaman listrik.

1. Persediaan es batu

Memiliki persediaan es batu akan berguna saat listrik padam.

Jika ada ruang di dalam freezer, isi beberapa wadah dan botol air dan bekukan agar siap membantu menjaga makanan tetap dingin selama pemadaman listrik.

Ingat saja, air akan mengembang saat membeku jadi pastikan untuk tidak mengisi wadah atau botol apa pun secara berlebihan.

2. Pindahkan makanan ke bawah dan kelompokkan bersama

Mengenai keamanan makanan saat terjadi pemadaman listrik, Badan Pengawas Obat dan Makanan AS (FDA) mengatakan, Anda harus mengelompokkan semua makanan beku menjadi satu.

Karena panas naik, simpan makanan dalam kelompok di bagian bawah freezer untuk membantu menjaganya tetap beku selama mungkin.


3. Tetap tutup pintu kulkas

Setelah Anda memindahkan barang-barang ke dalam freezer dan mengelompokkan makanan bersama-sama, tutuplah pintu kulkas dan freezer Anda. FDA menyatakan, lemari es akan tetap dingin hingga empat jamm

Adapun freezer akan menjaga suhunya selama 48 jam jika isinya penuh dan 24 jam jika setengah penuh.

4. Gunakan cooler box

Palang Merah Amerika Serikat merekomendasikan penggunaan kotak pendingin atau cooler box jika pemadaman listrik diperkirakan akan berlangsung lebih dari satu hari.

Kemas makanan yang didinginkan seperti susu, daging, ikan, unggas, telur, dan sisa makanan ke dalam pendingin Anda yang dikelilingi oleh es. Simpan pada suhu 4 derjat celcius selama mungkin.

https://www.kompas.com/homey/read/2021/08/24/231100976/tips-menjaga-makanan-di-kulkas-tidak-rusak-saat-mati-listrik

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke