Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Simak, Keuntungan dan Kerugian Memiliki Sofa Putih

JAKARTA, KOMPAS.com - Bagi sebagaian orang, putih adalah warna yang paling dihindari untuk sebuah furnitur, khususnya sofa.

Tapi, jika kamu berencana untuk membeli sofa, maka tidak ada salahnya untuk mempertimbangkan sofa berwarna putih.

Meski dianggap sebagai warna yang mudah terlihat kotor, kamu perlu tahu tentang kelebihan dan kekurangan dari sofa berwarna putih.

Dilansir dari Decor Tips, Selasa (24/8/2021), pada artikel ini akan dijelaskan mengenai keuntungan dan kerugian memiliki sofa putih di dalam rumah.

Keuntungan dan kerugian memiliki sofa putih

Sebelum masuk ke pembahasan, ada kabar baik yang perlu kamu ketahui. Memiliki sofa berwarna putih lebih banyak untungnya daripada kerugiannya.

Hal ini dapat dikaitkan dengan sensasi yang ditimbulkan oleh warna putih. Dalam psikologi warna, putih adalah warna yang terkait dengan aspek positif seperti kedamaian, kebersihan, dan kemurnian.

Berikut adalah keuntungan dan kerugian memiliki sofa putih di dalam rumah:

Titik fokus cahaya

Di mana pun kamu menempatkannya, sofa warna putih menciptakan titik fokus cahaya yang memancarkan luminositas atau energi yang dipancarkan sebuah benda ke segala arah ke seluruh ruangan.

Di ruangan yang lebih gelap, lebih baik membeli sofa yang cerah, namun bernuansa sejuk.


Ini akan memungkinkannya untuk bertindak sebagai cermin di mana sinar cahaya akan memantul.

Sekarang, jika ruang tamu di rumahmu juga berwarna putih, maka kamu akan mendapatkan efek luas yang lebih, karena warna ini adalah rajanya sensasi ruang.

Sofa putih cocok untuk semua musim

Sofa putih tidak lekang oleh waktu, yang merupakan keuntungan dekoratif yang luar biasa. Namun, kekurangannya adalah membuat harganya sedikit lebih mahal daripada sofa warna-warni lainnya.

Sofa putih tidak kuno

Sofa putih tak lekang oleh waktu, tidak ketinggalan zaman, dan sesuai dengan hampir semua gaya dekoratif, seperti minimalis, Nordic, modern, vintage, dan industrial.

Ini merupakan keuntungan dari sudut pandang ekonomi. Meskipun harganya tidak murah, sofa putih merupakan investasi untuk melayanimu selama beberapa tahun dan akan selalu tetap modis.

Berfungsi dengan baik di ruang kecil

Bila memiliki ruangan kecil, kamu harus memikirkan pilihan dekoratif yang membuat ruang ini terlihat lebih besar dari yang sebenarnya.

Dalam tugas ini, putih adalah warna terbaik, terutama jika kamu juga menerapkan warna putih pada dinding.

Sofa warna putih memiliki keunggulan untuk menyatu dengan baik. Jadi, meski ruangan rumahmu kecil, sofa putih akan tampak rapi, tanpa menimbulkan kesan berlebihan yang mengganggu.


Kekurangan sofa putih: magnet untuk kotoran

Kelemahan terbesar dari sofa berwarna putih adalah magnet untuk kotoran. Banyak orang mengesampingkan pemikiran ini, tetapi penting untuk dipertimbangkan.

Ada kemungkinan besar sofa putih bisa terkena noda, baik dari kopi, teh, atau cakar hewan peliharaan yang kotor, dan sebagainya.

Namun, hal ini tidak boleh menjadi penghalang antara kamu dan keinginanmu untuk memiliki sofa putih yang menghiasi ruang tamumu.

Dengan mempertimbangkan kelemahan ini, industri kain telah berkembang hingga sekarang menawarkan lebih banyak sofa yang terbuat dari bahan tahan noda.

Selain itu, ada pelapis atau penutup khusus yang menolak air atau cairan. Jadi, ini adalah kelemahan yang bisa diakali.

Sofa warna putih, berani beli?

Setelah mengetahui lebih detail tentang kelebihan dan kekurangan memiliki sofa putih, akan sedikit lebih mudah bagi kamu untuk mengambil keputusan.

https://www.kompas.com/homey/read/2021/08/24/185400376/simak-keuntungan-dan-kerugian-memiliki-sofa-putih

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke