Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

7 Cara Mengurangi Kecemasan di Rumah

JAKARTA, KOMPAS.com - Selain menjadi tempat untuk memperoleh kenyamanan dan tempat berkumpulnya keluarga, rumah adalah sebuah ruang perlindungan bagi setiap orang.

Oleh karena itu, penting untuk menciptakan nuansa rumah yang bahagia, menghembuskan kehidupan ke sudut-sudut ruangan yang seolah tampak lelah.

Dari warna cat hingga furnitur, ada banyak cara untuk menciptakan kenyamanan dalam ruangan dan, yang terpenting, membuat penghuninya merasa terlindungi dan tidak cemas.

Dilansir dari Country Living, Rabu (18/8/2021), berikut ini adalah beberapa cara untuk membuat rumah menjadi tempat perlindungan yang mengurangi kecemasan.

1. Gunakan warna cat yang meningkatkan suasana hati

Warna-warna tertentu, termasuk kuning cerah, merah, dan hijau dapat meningkatkan suasana hati secara instan.

Faktanya, penelitian yang dilakukan oleh Showers To You menemukan bahwa mengecat dinding dalam nuansa merah, oranye, atau kuning yang mencuri perhatian dapat membantu meningkatkan energi di pagi hari.

Ini merupakan kabar baik bagi mereka yang berjuang untuk bangun dari tempat tidur, khususnya di cuaca-cuaca yang dingin.

"Warna adalah faktor besar untuk menciptakan tempat perlindungan, jadi pertimbangkan palet di ruangan rumahmu," kata Alexandria Dauley dari Dauley Design.

Hijau adalah warna alam, itu menciptakan perasaan tenang, ketenangan dan kedamaian.

Sementara itu, kuning dikaitkan dengan perasaan bahagia dan ceria. Biru telah ditemukan untuk mengurangi perasaan kecemasan dan agresi, serta menurunkan tekanan darah dan detak jantung.

2. Lapisi untuk tekstur yang nyaman

Tidak ada yang mengikat ruangan bersama-sama seperti aksesori yang lembut dan nyaman.

Menghadirkan tekstur mewah, baik itu selimut, bantal, atau selimut, akan meningkatkan mood sekaligus meningkatkan daya tarik visual rumahmu pada saat yang bersamaan.

3. Bawa unsur alam ke dalam ruangan

'Hutan' dalam ruangan yang rimbun menjadi hal populer. Banyak penghuni menghiasi ruangan di dalam rumahnya dengan dedaunan segar, tanaman pot, dan kaktus yang trendi.

Menambahkan tanaman dan bunga potong segar dapat meningkatkan suasana hati dan menciptakan tempat perlindungan dengan koneksi ke alam.

Tidak tahu harus memilih tanaman hias apa? Coba pilih kaktus tulang ikan (fishbone cactus), pakis bintang biru (blue star fern) dan kaktus telinga kelinci (bunny ear cactus).

4. Beri kehidupan baru pada furnitur lama

Menghidupkan kembali barang-barang atau furnitur yang tak lagi menarik dilihat adalah cara brilian untuk memperpanjang umur pemakaiannya, sekaligus menghemat banyak uang.

Jika barangmu terlihat sedikit lebih buruk untuk dipakai, cobalah mengecat ulang bagian luarnya, mengganti sarung jok atau mengubah gorden lama menjadi sarung bantal.

"Chalk paint (cat kapur) sangat luar biasa untuk menghadirkan kehidupan baru pada furnitur. Coba ganti pegangan di laci, tambahkan penutup kaca, atau beri sedikit cat untuk pembaruan cepat," jelas Alexandria.

5. Rapikan dapur

Dalam dunia yang semakin terbuka dan ditambah adanya pandemi Covid-19, dapur tidak hanya digunakan untuk memasak.

Ini adalah ruang kelas untuk anak-anak, kantor untuk mereka yang bekerja di rumah, dan ruang untuk bersantai di penghujung hari yang sibuk.

Jadi, singkirkan barang-barang yang tidak diperlukan di dapur untuk membantu mengubahnya menjadi tempat perlindungan.

"Buat dapur fungsional dengan menjaga permukaan bebas dari kekacauan. Selain itu, manfaatkan ruang di dinding dan buat penyimpanan yang baik," kata Salsabil El-Awaisi, Pendiri SE Interiors.

6. Aroma yang menenangkan

Jadikan rumahmu tempat perlindungan yang nyaman dengan diffuser dan lelehan lilin atomaterapi yang harum.

Jika kamu membutuhkan sedikit relaksasi, pilihlah mawar, geranium, dan lavender. Untuk sesuatu yang menyegarkan di pagi hari, cobalah aroma jeruk, peppermint, dan grapefruit.

7. Buat zona berbeda untuk bekerja dan bermain

Selama pandemi, rumah telah menjadi tempat multifungsi untuk bekerja dan bermain.

Jika ingin mendesain ulang ruang di rumahmu, pertimbangkan dengan cermat untuk apa setiap ruangan digunakan.

Mengubah rumah menjadi tempat perlindungan selama masa pandemi bisa sangat penting dan dibutuhkan.

"Untuk memaksimalkan ruang, buat area zona yang berbeda untuk bersosialisasi, merapikan, dan memilih palet warna netral yang lembut," tambah Salsabil.

https://www.kompas.com/homey/read/2021/08/18/085041576/7-cara-mengurangi-kecemasan-di-rumah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke